Indonesia

Kilas Balik Berita Buddhis Teratas Tahun 2020

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sejumlah berita Buddhis yang berisikan peristiwa-peristiwa dalam dunia Buddhis dari manca negara terangkum dalam kilas balik berita Buddhis berikut.

Kilas Balik Berita Buddhis Teratas Tahun 2020

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat bagi masyarakat dunia dengan adanya pandemi COVID-19 yang telah merenggut lebih dari sejuta kehidupan manusia.

Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menyebabkan kita saling berjaga jarak bahkan berpisah selamanya dengan orang yang kita sayangi. Dan dunia Buddhis pun tidak luput dari musibah ini.

COVID-19 mengharuskan umat Buddhis dan umat beragama lainnya untuk menjalankan ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan. Kunjungan ke vihara-vihara untuk melakukan puja bakti diganti dengan puja bakti secara online – Live Streaming karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meskipun demikian kita harus tetap semangat untuk mengatasi wabah ini dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan minimal selama 20 detik, menggunakan masker, dan menjaga jarak fisik sejauh 1,5 hingga 2 meter.

Dan di balik musibah yang beberapa dampak negatifnya tidak tergantikan ini, kita harusnya juga dapat melihat dampak positif yang ada untuk tetap bersemangat dalam hidup.

Dampak positif dari musibah ini, dengan adanya PSBB, di antaranya: kita memiliki waktu luang lebih banyak di rumah yang dapat dimanfaatkan berkumpul dengan keluarga, kita memiliki kesempatan melatih disiplin diri dan sadar dengan ingat selalu mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.

Dan bagi dunia Buddhis, wabah ini “memaksa” para umat untuk menyebarkan Dhamma lebih luas lagi dengan menggunakan media Live Streaming. Dhammadesana (ceramah Dhamma) dan kelas Dhamma yang sebelum pandemi hanya sebatas di vihara-vihara, kini menyebar dan didengar ke seluruh penjuru dunia (yang memiliki akses internet).

Walaupun wabah COVID-19 menjadi pemberitaan utama tahun 2020, ada peristiwa lain yang terjadi di dunia Buddhis. Berikut rangkuman peristiwa teratas dan pilihan yang telah dapat diliput Berita Bhagavant selama tahun 2020.

Januari 2020

5 Ribu Bhikkhu Sri Lanka Mendapat Tablet Komputer Berisi Teks Tipitaka
Acara Vibhajjavada Dhamma Sangayana yang merupakan persamuhan para bhikkhu tradisi Vibhajjavada (Theravada) diselenggarakan untuk membicarakan keberlanjutan Agama Buddha pada 4 Januari 2020. Dalam acara ini dipersembahkan tablet komputer kepada 5 ribu bhikkhu. Selengkapnya.

Virus Corona Menyebar, Vihara-vihara di Tibet Ditutup
Semua vihara, situs populer lainnya dan tempat wisata di Tibet telah ditutup untuk umum sejak 27 Januari 2020 setelah wabah virus corona (2019-nCov) di Wuhan, Tiongkok, merebak. Selengkapnya.

Februari 2020

Saat Magha Puja 2563 Ada Supermoon Pertama di 2020
Pada peringatan Hari Raya Magha Puja 2563 Era Buddhis, langit dihiasi oleh fenomena supermoon (Bulan super) yang pertama kali muncul untuk tahun 2020 ini. Selengkapnya.

Thailand Rayakan Magha Puja 2563 di Tengah Wabah Corona dan Tragedi Penembakan
Umat Buddhis Thailand merayakan Hari Raya Magha Puja 2563 EB di tengah kekhawartiran wabah virus corona, polusi dan tragedi penembakan di Nakhon Ratchasima pada 8 Februari 2020. Selengkapnya.

Maret 2020

Aksi Nyata Tzu Chi Indonesia Lawan Wabah COVID-19
Umat Buddhis Indonesia melalui Tzu Chi Indonesia melakukan aksi nyata dengan menggalang dana untuk pengadaan peralatan kesehatan termasuk alat pelindung diri (APD) untuk tim medis dan peralatan uji cepat. Selengkapnya.

Cegah Corona, Sejumlah Vihara di Jakarta Adakan Puja Bakti Live Streaming
Sejumlah vihara di DKI Jakarta telah melakukan puja bakti live streaming menggunakan media sosial, sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19). Selengkapnya.

April 2020

Pesan Khusus Dalai Lama Ke-14 Terkait Wabah Covid-19
Y.M. Dalai Lama Ke-14 memberikan sebuah pesan khusus kepada masyarakat dunia terkait wabah Covid-19. Berikut pesan beliau yang disampaikan pada 30 Maret 2020. Selengkapnya.

Vesak: Presiden Korea Selatan Ingatkan Semangat Buddhis atasi Wabah COVID-19
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengingatkan semangat Buddhis untuk mengatasi wabah COVID-19 dan bencana kebakaran di Icheon yang menewaskan sedikitnya 38 orang dan 10 lainnya luka-luka pada 29 April 2020. Selengkapnya.

Mei 2020

Buddhis Korea Selatan Rayakan Vesak 2564 dengan Masker dan Jaga Jarak
Umat Buddhis Korea Selatan merayakan Hari Vesak 2564 EB pada 30 April 2020 di tengah wabah COVID-19. Seremonial Hari Vesak yang dijadwalkan diadakan pada 30 April 2020, ditunda hingga 30 Mei 2020. Selengkapnya.

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Waisak 2564 EB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2564, pada 7 Mei 2020. Ucapan tersebut diiringi dengan kiriman video animasi singkat yang menggambarkan animasi dirinya dengan pakaian khasnya yang berwarna putih. Selengkapnya.

Juni 2020

Ukiran Batu Buddhis Kuno Bersejarah di Pakistan Dirusak
Ukiran batu Buddhis kuno bersejarah di daerah Chilas di Gilgit-Baltistan, Pakistan, dirusak. Ukiran bersejarah yang tidak bernilai dari sekitar tahun 800 SM tersebut dirusak dengan menggambarkannya dengan cat bendera Pakistan dan slogan “Pakistan” dalam aksara Arab. Selengkapnya.

Ketua Ormas Buddhis AS Dapat Penghargaan Lintas Agama
Ketua sebuah organisasi Buddhis Amerika Serikat mendapatkan penghargaan lintas agama Faith Justice Interfaith Award atas upaya awal dan tak kenal lelahnya untuk mengirimkan pasokan APD darurat ke berbagai rumah sakit di New York City, di tengah meningkatnya pandemi COVID-19. Selengkapnya.

Juli 2020

Misterius! Negara Buddhis Minim Dampak Fatal COVID-19
Tahukah Anda, hingga sekarang (Juli 2020) tingkat kematian akibat wabah COVID-19 di negara-negara berpenduduk mayoritas Buddhis cenderung minim? Namun hal ini perlu diwaspadai. Selengkapnya.

Myanmar Singkirkan Rupaka Buddha dengan Mudra yang Tidak Sesuai
Kementerian Agama dan Kebudayaan Myanmar memerintahkan penyingkiran rupaka Buddha duduk yang disumbangkan oleh mantan anggota rezim militer negara itu. Selengkapnya.

Agustus 2020

Bhikkhu India Pejuang COVID-19 Wafat Setelah Terpapar
Bhikkhu India terkemuka, Y.M. Dr. Bhikkhu Bodhipala, sekretaris jenderal Asosiasi Buddhis Benggala di Kolkata (BBA; juga dikenal sebagai Bauddha Dharmankur Sabha), wafat karena terpapar COVID-19. Selengkapnya.

India Bangun Bandara Internasional di Kushinagar untuk Ziarah Buddhis
India membangun Bandara Internasional di Kushinagar di negara bagian Uttar Pradesh untuk para peziarah Buddhis termasuk dari Sri Lanka. Kushinagar merupakan salah satu situs ziarah Buddhis yang penting. Selengkapnya.

September 2020

Buddhis Ladakh Serukan Perdamaian di Perbatasan India-Tiongkok
Umat Buddhis di Ladakh, India melakukan kampanye menyerukan perdamaian di daerah perbatasan antara India dan Tiongkok yang mengalami ketegangan. Selengkapnya.

Sebab di Balik Para Bhikkhu Sri Lanka Kekurangan Jubah Lokal
Para bhikkhu di Sri Lanka mengalami kekurangan jubah yang diproduksi dari dalam negeri. Hal ini dilaporkan oleh para bhikkhu senior kepada pemerintah Sri Lanka. Selengkapnya.

Oktober 2020

Presiden Korsel Puji Komunitas Buddhis dalam Kendalikan Pandemi COVID-19
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang para pemimpin komunitas Buddhis dari berbagai tradisi yang masuk dalam Asosiasi Sangha Korea pada tanggal 18 September 2020. Selengkapnya.

236 Dalit Valmiki Beralih Keyakinan Memeluk Agama Buddha
Di tengah ketidakpuasan yang meningkat atas kasus Hathras, warga dari komunitas Valmiki beralih keyakinan memeluk Agama Buddha di Ghaziabad. Sekitar 236 orang dari 50 keluarga beralih keyakinan memeluk Agama Buddha. Selengkapnya.

November 2020

Buddhis Bangladesh Protes Kekerasan pada Minoritas
Sebuah unjuk rasa oleh Buddhis dan warga minoritas Bangladesh diadakan di depan Museum Nasional Shahbagh di Dhaka pada Sabtu (7/11/2020) untuk memprotes kekerasan terhadap minoritas. Selengkapnya.

Kepala Sangha Ramanna Sri Lanka Wafat di Usia 98
Y.M. Napana Premasiri Thera, kepala Sangha Nikaya Ramanna wafat di usia 98 tahun pada 17 November 2020 di Rumah Sakit Pendidikan Peradeniya. Upacara kewafatan dan kremasinya diadakan pada tanggal 22 November 2020 dengan penghormatan penuh kenegaraan. Selengkapnya.

Desember 2020

Properti 6 Vihara di Los Angeles Dirusak Dampak Sinofobia
Dalam sebulan terakhir setidaknya ada 6 vihara di Los Angeles yang mengalami pengrusakan properti yang diduga dampak dari sinofobia yang meningkat. Selengkapnya.

Cita-cita Bhikkhu Pertama di Uganda
Y.M Buddharakkhita, sebagai bhikkhu pertama di Uganda menjadi seorang Buddhis saat belajar di India, memiliki misi untuk menggunakan meditasi berkesadaran untuk menyembuhkan trauma. Selengkapnya.

Anda dapat membaca semua berita Buddhis tahun 2020 secara penuh di sini.

Banyak peristiwa yang terjadi di dunia Buddhis pada tahun 2020, tetapi tidak semua peristiwa tersebut dapat terliput. Dan mungkin saja ada pemberitaan yang kurang akurat dari narasumber terkait, untuk itu permohonan maaf Berita Bhagavant sampaikan kepada para pembaca setia.

Tetaplah bersama Berita Buddhis Bhagavant untuk berita dan info menarik di seputar dunia Buddhis dari mancanegara lainnya di tahun depan, dan … SELAMAT TAHUN BARU 2021![Bhagavant, 31/12/20, Sum]



Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN