Asia Tenggara » Indonesia » Teknologi

Cegah Corona, Sejumlah Vihara di Jakarta Adakan Puja Bakti Live Streaming

Minggu, 29 Maret 2020

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sejumlah vihara di DKI Jakarta telah melakukan puja bakti live streaming menggunakan media sosial, sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Cegah Corona, Sejumlah Vihara di Jakarta Adakan Puja Bakti Live Streaming
Live streaming Jakarta Dhammacakka Jaya. Foto: YouTube

Wabah COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah membuat berbagai negara termasuk Indonesia melakukan upaya pencegahan.

Berdasarkan petunjuk dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), upaya mengurangi penyebaran penyakit infeksi saluran pernapasan tersebut di antaranya melakukan social distancing atau menjaga jarak antara individu, menghindari berada di keramaian dan isolasi diri (diam di rumah).

Pemerintah Indonesia sendiri mengimbau masyarakat untuk meniadakan kegiatan yang mengumpulkan massa termasuk dalam melakukan beribadah.

Untuk mematuhi imbauan Pemerintah dalam rangka upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 melalui kumpulan massa, sejumlah vihara di Jakarta telah meniadakan pelayanan puja bakti, kegiatan kelas Dhamma, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Sebagai gantinya, mereka melakukan puja bakti dan kelas Dhamma secara online menggunakan media live streaming di media sosial seperti Facebook dan YouTube.

Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya di Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara, telah mengawali kegiatan puja bakti menggunakan media live streaming di Facebook sejak Minggu (22/3/2020).

Dalam pengumuman situs web resmi vihara tersebut, mengatakan bahwa puja bakti dan kelas Dhamma untuk periode tanggal 29 Maret – 4 April 2020, dilakukan secara live streaming di Facebook Group Dhammacakka dan YouTube Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya OFFICIAL.

Begitu juga, Vihara Ekayana Arama di Green Ville Duri Kepa, Jakarta Barat, telah memulai puja baktinya menggunakan media live streaming pada Minggu (22/3/2020). Live streaming tersebut tayang di Facebook , Instagram, dan YouTube Vihara Ekayana.

Selain melakukan live streaming, vihara tersebut juga menunda kegiatan seperti upacara wisudhi Trisarana dan upasaka/upasika, dan melakukan puja bakti Cheng Beng tanpa kehadiran umat.

Puja bakti secara online menggunakan media live streaming, mau tidak mau memang harus dilakukan untuk mendukung upaya mencegah penyebaran wabah virus corona.

Harus diakui juga bahwa puja bakti live streaming memiliki kendalanya sendiri seperti kecepatan internet yang lambat yang dapat memengaruhi kualitas tayangan dan memotong proses puja bakti.

Namun, di sisi kelebihannya, puja bakti live streaming dapat diikuti oleh siapa pun, dari berbagai daerah bahkan dunia selama terkoneksi dengan internet.[Bhagavant, 29/3/20, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: