India » Tokoh

Pesan Khusus Dalai Lama Ke-14 Terkait Wabah Covid-19

Bhagavant.com,
Dharamsala, India – Y.M. Dalai Lama Ke-14 memberikan sebuah pesan khusus kepada masyarakat dunia terkait wabah Covid-19. Berikut pesan beliau yang disampaikan pada Senin (30/3/2020).

Pesan Khusus Dalai Lama Ke-14 Terkait Wabah Covid-19
Y.M. Dalai Lama Ke-14

Saudara dan saudari saya yang terkasih,

Saya menulis kata-kata ini sebagai tanggapan atas permintaan berulang dari banyak masyarakat di seluruh dunia. Hari ini, kita melewati masa yang sangat sulit karena berjangkitnya pandemik virus corona.

Sebagai tambahan untuk hal ini, masalah lebih lanjut yang dihadapi umat manusia seperti perubahan iklim yang ekstrem. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyatakan rasa hormat dan rasa terima kasih saya kepada pemerintah di seluruh dunia, termasuk Pemerintah India, atas langkah-langkah yang mereka ambil untuk menghadapi tantangan ini.

Tradisi India kuno menggambarkan pembentukan, keberlangsungan dan kehancuran dunia dari waktu ke waktu. Di antara penyebab kehancuran tersebut adalah konflik bersenjata dan penyakit, yang tampaknya sesuai dengan apa yang kita alami saat ini. Namun, terlepas dari tantangan besar yang kita hadapi, makhluk hidup, termasuk manusia, telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup.

Betapapun sulit situasinya, kita harus menggunakan ilmu dan kecerdasan manusia dengan tekad dan keberanian untuk mengatasi masalah yang kita hadapi. Berhadapan dengan ancaman terhadap kesehatan dan kesejahteraan kita, adalah wajar untuk merasakan kecemasan dan ketakutan. Meskipun demikian, saya sangat menerima kenyamanan dalam saran bijak berikut ini untuk memeriksa masalah di hadapan kita: Jika ada sesuatu yang harus dilakukan — lakukanlah, tanpa perlu khawatir; jika tidak ada yang harus dilakukan, mengkhawatirkannya lebih lanjut tidak akan membantu.

Setiap orang saat ini melakukan yang terbaik untuk menahan penyebaran virus corona. Saya memuji upaya bersama negara-negara untuk membatasi ancaman tersebut. Secara khusus, saya menghargai inisiatif yang telah diambil India dengan negara-negara SAARC lainnya untuk menyiapkan dana darurat dan platform elektronik untuk bertukar informasi, pengetahuan dan keahlian untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Ini juga akan berfungsi sebagai model untuk menghadapi krisis semacam itu di masa depan.

Saya memahami bahwa sebagai akibat dari lockdown yang diperlukan di seluruh dunia, banyak orang menghadapi kesulitan luar biasa karena kehilangan mata pencaharian. Bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan yang stabil, hidup adalah perjuangan harian untuk bertahan hidup. Saya dengan sungguh-sungguh memohon kepada semua yang berkepentingan untuk melakukan segala yang mungkin untuk merawat anggota masyarakat kita yang rentan.

Saya mengucapkan terima kasih khusus kepada para staf medis — para dokter, perawat, dan personel pendukung lainnya — yang bekerja di garis depan untuk menyelamatkan nyawa dengan risiko pribadi yang besar. Pelayanan mereka benar-benar merupakan belas kasih dalam aksi.

Dengan perasaan prihatin yang tulus bagi saudara dan saudari di seluruh dunia yang melewati masa-masa sulit ini, saya berharap agar pandemik ini cepat berakhir agar kedamaian dan kebahagiaan Anda segera pulih.

Bersama doa saya,

Dalai Lama

Sumber: Dalailama.com

[Bhagavant, 1/4/20, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN