Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Waisak 2564 EB

Kamis, 7 Mei 2020

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2564, pada Kamis (7/5/2020).

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Waisak 2564 EB
Gbr: Twitter @jokowi

Dalam cuitannya di media sosial Twitter resminya pada pukul 9.36, Presiden Jokowi mengirimkan ucapan selamat Trisuci Waisak 2564.

Ucapan tersebut diiringi dengan kiriman video animasi singkat yang menggambarkan animasi dirinya dengan pakaian khasnya yang berwarna putih.

Dalam animasi tersebut Presiden beranjali (merangkapkan tangan) dengan latar belakang Candi Borobudur dengan pemandangan bulan purnama dan lampion udara yang berterbangan di malam hari.

“Dengan persaudaraan dan gotong royong, kita akan berjalan bersama melewati segala ujian dan kesulitan,” kata Presiden.

“Selamat Hari Trisuci Waisak 2564. Semoga semua makhluk tetap saling mengasihi,” ucap dan harapannya.

Pernyataan Presiden bahwa dengan persaudaraan dan gotong royong, kita akan berjalan bersama melewati segala ujian dan kesulitan, sesuai dengan pesan Waisak 2564 yang disampaikan Sangha Theravada Indonesia.

Persaudaraan dan gotong royong memang sangat dibutuhkan saat ini, saat kesulitan yang sedang dihadapi oleh dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, terkair wabah COVID-19.

Bagi umat Buddhis, Hari Waisak atau Vesak merupakan hari memperingati tiga peristiwa suci, yaitu: Kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama yang merupakan calon Buddha, Pencerahan Sempurna Petapa Gautama menjadi Buddha, dan kemangkatan mutlak (parinibbana) Buddha Gautama.

Hari Waisak tahun 2020 ini memasuki Era Buddhis (EB) atau Buddhist Era (BE) atau Tahun Buddhis (TB) ke-2564.[Bhagavant, 7/5/20, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: