Gerakan Buddhis » Indonesia

Aksi Nyata Tzu Chi Indonesia Lawan Wabah COVID-19

Jumat, 20 Maret 2020

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Pasrah atau hanya retorika bukanlah sifat Buddhis sejati dalam menghadapi suatu masalah. Hanya aksi nyata yang dapat mengatasi suatu masalah.

Aksi Nyata Tzu Chi Indonesia Lawan Wabah COVID-19
Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan sumbangan ke RSPI Sulianti Saroso. Foto: Facebook/zsmindonesia

Umat Buddhis tidak pernah diajarkan oleh Sri Buddha untuk bersikap pasrah terhadap masalah atau karma buruk yang terjadi. Sebaliknya, umat Buddhis diajarkan untuk berusaha untuk mengatasinya. Sama seperti Jalan Mulia Berunsur Delapan yang diajarkan Sri Buddha sebagai usaha untuk lepas dari dukkha (penderitaan).

Usaha mengatasi wabah COVID-19 yang merebak di Indonesia saat ini tidak dapat hanya diserahkan kepada pemerintah, tetapi masyarakat pun perlu dan wajib memeranginya dengan aksi nyata.

Salah satu aksi nyata tersebut dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan menggalang dana untuk pengadaan peralatan kesehatan termasuk alat pelindung diri (APD) untuk tim medis dan peralatan uji cepat.

Aksi nyata Tzu Chi tersebut bekerja sama dengan sejumlah pengusaha yang bernaung di bawah Kamar Dagang Indonesia (KADIN).

Seperti yang dilansir situs web Tzu Chi Indonesia, Jumat (20/3/2020), bertempat di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tzu Chi menyerahkan 100 buah Coveral Safety (baju isolasi) kepada Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Tim COVID-19 PBNU, dr. Syahrizal Syarif, pada Kamis (19/3/2020).

“Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan,” kata relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin, setelah melakukan serah terima bantuan tersebut.

Donasi bertahap yang digalang Tzu Chi Indoneia akan berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker. Penyaluran bantuan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan BNPB.

Sebelumnya, pada Rabu (18/3), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia telah menyerahkan bantuan berupa APD seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan, juga ventilator untuk Kementerian Kesehatan berikut beberapa rumah sakit, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso, dan RSUP Persahabatan.

Aksi nyata para relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, para umat yang telah berdana melalui Tzu Chi dan juga para pengusaha, dapat menjadikan teladan bagi masyarakat lainnya khususnya umat Buddhis.

Selain materi atau uang dukungan masyarakat untuk mengatasi wabah ini dapat berupa mematuhi arahan dan imbauan pemerintah seperti mencuci tangan secara teratur, mengatur jarak posisi antara individu, dan diam di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.[Bhagavant, 20/3/20, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: