India

Dalai Lama Bahas Krisis Iklim Bersama Greta Thunberg dan Ilmuwan

Bhagavant.com,
Dharamshala, India – Y.M. Dalai Lama dan aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg akan berbicara dengan para ilmuwan terkemuka tentang krisis iklim yang terjadi di dunia.

Y.M. Dalai Lama dan aktivis lingkungan Greta Thunberg
Y.M. Dalai Lama dan aktivis lingkungan Greta Thunberg

Acara yang dipandu oleh Mind & Life Institute pada 10 Januari 2021 pukul 9.00 WIB (9 Januari pukul 21.00 EST) melalui Live Streaming tersebut, akan berdiskusi mengenai kekhawatiran atas dampak perubahan iklim berupa perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia yang mempercepat pemanasan global.

Dampak perubahan iklim seperti mencairnya lapisan es yang melepaskan lebih banyak gas metana ke atmosfer, dan mencairnya es laut mengurangi albedo planet dan dengan demikian menyebabkan lebih banyak cahaya dan panas Matahari yang diserap — telah mendapat pengamatan yang lebih ketat dalam beberapa tahun terakhir, mendorong peningkatan urgensi di kalangan aktivis lingkungan.

Diskusi yang mengambil acuan dari buku terbaru Y.M. Dalai Lama, kegiatan aktivis Greta Thunberg, akan dimoderatori oleh Dr. Diana Chapman Walsh, mantan presiden Wellesley College. Dalam diskusi juga akan diputar seri film pendidikan yang baru saja dirilis, Climate Emergency: Feedback Loops, dinarasikan oleh Richard Gere.

Para pakar ilmiah yang dijadwalkan mengambil bagian dalam diskusi tersebut termasuk Dr. Susan Natali, Direktur Program Arktik di Pusat Penelitian Iklim Woodwell, dan Dr. William Moomaw, Profesor Emeritus Kebijakan Lingkungan Internasional di Universitas Tufts dan peneliti utama beberapa laporan untuk Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2007.

Juga ikut serta adalah Susan Bauer-Wu, presiden Mind & Life Institute, dan Dr. Thupten Jinpa Lagri, penerjemah utama bahasa Inggris untuk Dalai Lama dan seorang peneliti agama Timur di Girton College, Universitas Cambridge.

Acara tersebut diadakan setelah penerbitan buku terbaru Y.M. Dalai Lama, Our Only Home: A Climate Appeal to the World (Blackstone Publishing 2020), yang dirilis pada November 2020. Dalam bukunya, Dalai Lama memuji Greta Thunberg dan aktivis iklim muda lainnya atas komitmen mereka terhadap lingkungan dan upaya mereka untuk menghasilkan perubahan positif.

Acara yang disiarkan langsung tersebut akan mencakup liputan temuan ilmiah baru-baru ini, keharusan adanya tindakan moral, dan apa yang dapat dilakukan semua orang secara kolektif untuk memperlambat, menghentikan, dan membalikkan potensi yang meningkat untuk putaran dampak iklim yang merusak.

Siapa Greta Thunberg?

Greta Thunberg adalah seorang aktivis iklim Swedia yang memulai aksi mogok sekolah di depan parlemen Swedia pada Agustus 2018. Sejak saat itu, protes tunggalnya telah menginspirasi unjuk rasa pelajar untuk aksi iklim di seluruh dunia. Lebih dari tujuh juta orang menghadiri unjuk rasa pelajar global pada September 2019. Greta telah berbicara kepada para pembuat keputusan di KTT iklim PBB di New York, Polandia dan Madrid, di Forum Ekonomi Dunia di Davos, dan di beberapa parlemen nasional. Pada 2019 Majalah Time memilihnya sebagai Person of the Year. Selain menjadi aktivis, Greta saat ini duduk di bangku SMA di Stockholm, Swedia.[Bhagavant, 23/12/20, Sum]


Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN