Asia Tenggara » Indonesia

Kaleidoskop Berita Buddhis Mancanegara 2023

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Berikut Berita Buddhis dari mancanegara yang terpantau di sepanjang tahun 2023. Mana yang mengesankan Anda?

Kaleidoskop Berita Buddhis Mancanegara 2023

Saat status COVID-19 berubah dari pandemi menjadi endemik di Indonesia, hal ini menjadi kelegaan tersendiri bagi kita di tahun 2023, meski bayang-bayang penyakit menular itu masih ada.

Di sisi lain, meskipun pandemi mulai menyusut, dunia masih dalam kondisi yang tidak nyaman khususnya terkait masalah perang antara Ukraina dan Rusia yang masih belum usai, ditambah perang yang pecah kembali di Gaza, Timur Tengah saat Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023.

Berdasarkan Indeks Perdamaian Global 2023 (2023 Global Peace Index) yang dilansir Institute for Economics and Peace (IEP), tingkat rata-rata kedamaian negara secara global telah memburuk sebesar 0,42% dan INI merupakan penurunan ketiga belas kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Indonesia pun pada tahun 2023 ini mengalami penurunan dalam Indeks Perdamaian Global dengan menempati posisi ke-53, turun dibandingkan tahun lalu yang menempatkan posisi ke-47 dari 163 negara yang didata.

Dalam lingkungan hidup, menurut laporan para ilmuwan, tahun 2023 adalah tahun terpanas karena suhu Bumi mengalami peningkatan yang dihasilkan dari gabungan efek El Niño dan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Sedangkan dalam dunia Buddhis selama tahun 2023 ini, ada sejumlah peristiwa yang menjadi perhatian. Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi di dunia Buddhis dari mancanegara setiap bulannya selama 2023 yang terliput oleh Berita Buddhis Bhagavant yang menjadi perhatian.

Kaleidoskop Berita Buddhis Mancanegara 2023

Januari 2023

Sesepuh SAGIN, Y.M. Jinadhammo Wafat di Usia 78 Tahun

Umat Buddha Indonesia kehilangan salah satu tokoh Buddhis yang paling dihormati yaitu Y.M. Jinadhammo Mahāthera, yang merupakan sesepuh dari Sangha Agung Indonesia. Beliau wafat di usia 78 tahun pada Kamis (26/1/2023) di Medan, Sumatra Utara. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita peringatan 1 tahun wafatnya Y.M. Thich Nhat Hanh. Selengkapnya.

Februari 2023

Atasi Bhiksu Palsu, Tiongkok Luncurkan Sistem Penyelidikan

Sistem penyelidikan informasi terbaru tiongkok untuk personel pemuka Agama Buddha dan Tao diluncurkan pada hari Rabu (22/2/2023) untuk mengatur manajemen personel pemuka agama dan memerangi kasus penipuan terkait personel tokoh agama palsu. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita wafatnya Y.M. Master Hsing Yun, pendiri Sangha Fo Guang Shan. Selengkapnya.

Maret 2023

Akhirnya Agama Buddha Jadi Agama Resmi di Belgia

Setelah tujuh belas tahun menunggu, akhirnya Agama Buddha diakui di Belgia dan menjadi agama resmi di negara Eropa tersebut setelah Dewan Menteri menyetujui rancangan undang-undang Menteri Kehakiman Federal Vincent Van Quickenborne tentang pengakuan ini. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Buddhis Thailand Rayakan Magha Puja 2566 EB. Selengkapnya.

April 2023

Dalai Lama Mohon Maaf Atas Candaan Kontroversi

Dalam sebuah pernyataan resmi di situs webnya, Y.M. Dalai Lama melakukan permohonan maaf atas candaannya terhadap seorang anak laki-laki yang terekam dalam sebuah potongan video yang beredar luas. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Kenapa Waisak 2567 EB Jatuh pada 4 Juni Bukan 6 Mei 2023? Selengkapnya.

Mei 2023

Rangkaian Dhamma Yatra 32 Bhikkhu Thudong Sambut Vesak 2567

Para bhikkhu yang terdiri dari 27 tujuh bhikkhu asal Thailand, 4 bhikkhu dari Malaysia, dan 1 bhikkhu dari Indonesia melaksanakan perjalanan dari Vihara Phra Mahathat Woramahawihan di Nakhon Si Thammarat, Thailand pada 23 Maret 2023 lalu dan berakhir di Candi Borobudur saat Hari Vesak 2567 pada Minggu 4 Juni 2023. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Ketiga Kalinya Gedung Putih Jadi Tuan Rumah Perayaan Vesak. Selengkapnya.

Juni 2023

Menyebabkan Ketidakharmonisan Beragama, Komika Sri Lanka Ditangkap

Karena menyebabkan ketidakharmonisan beragama, seorang komika (stand-up comedian) Sri Lanka ditangkap oleh pihak berwenang. Edirisuriya diduga melecehkan Agama Buddha dalam sebuah program video yang diberi judul “Modibhimanaya” (Kebanggaan Orang Bodoh) setelah videonya menjadi viral di media sosial dan menimbulkan kemarahan masyarakat. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Rupaka Buddha Tertinggi di Dalam Gedung Masuk MURI. Selengkapnya.

Juli 2023

Sambut Hari Asalha Indonesia Tipitaka Chanting 2023 Kembali Diadakan

Untuk memperingati Hari Suci Asalha 2567 Era Buddhis /2023, Sangha Theravada Indonesia (STI) kembali menyelenggarakan Indonesia Tipitaka Chanting 2023 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Agustus, Myanmar Resmikan Rupaka Buddha Marmer Raksasa. Selengkapnya.

Agustus 2023

Bagaimana Cara Menolong Leluhur Saat Hari Ullambana

Setiap bulan 7 (Cit Gwee) penanggalan lunar (Imlek) yang biasanya jatuh di bulan Agustus, sebagian umat Buddha khusus yang mempraktikkan tradisi Mahayana, memperingati Hari Ullambana. Lalu, bagaimana cara menolong leluhur saat Hari Ullambana? Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Wanita Buddhis Bangladesh Terima Penghargaan Anti Rasis. Selengkapnya.

September 2023

Apakah Pohon Bodhi Sama dengan Pohon Tin dalam Islam dan Ara dalam Kristen?

Sejumlah oknum pengikut agama Abrahamik (Yahudi, Kristen, dan Islam) mengklaim bahwa Pohon Bodhi adalah pohon yang sama dengan pohon Tin dalam kepustakaan Islam dan sama dengan pohon Ara dalam kepustakaan Kristen. Lalu benarkan demikian, benarkah Pohon Bodhi adalah pohon yang sama dengan pohon Tin dan pohon Ara? Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Vihara Kuno 1200 Tahun Ditemukan di Kedah, Malaysia. Selengkapnya.

Oktober 2023

Buddhis Myanmar Rayakan Hari Abhidhamma 2567

Sejumlah besar peziarah Buddhis mengunjungi Stupa Shwedagon di Kota Yangon untuk merayakan Hari Abhidhamma 2567 EB / 1385 EM (Era Myanmar), pada Minggu (29/10/2023). Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Buddhis Myanmar Rayakan Festival Kyauktawgyi Ke-135. Selengkapnya.

November 2023

Aneh! Rupaka Buddha Zamrud Ditemukan di Dalam Batang Pohon Mangga

Sebuah rupaka Buddha secara tak terduga ditemukan di dalam batang pohon mangga ketika sedang ditebang pada saat penataan lansekap di Vihara Nong Sang Pracha Bamrung di distrik Phanat Nikhom, provinsi Chonburi, di wilayah timur Thailand. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Buddhis Vietnam Merayakan Kathina Puja dengan Persembahan Jubah. Selengkapnya.

Desember 2023

Arsitek Italia Merancang Pusat Meditasi Buddhis di Nepal

Stefano Boeri Architetti, seorang arsitek asal Italia telah mengungkapkan proposal desain untuk Stupa Ramagrama di Nepal, sebuah rencana induk yang dimaksudkan untuk memperkaya lokasi suci Buddhis ini. Selengkapnya.

Kepopuleran berita ini diikuti oleh berita Mengungkap Hubungan Agama Buddha Indonesia-Jepang di Pameran Sriwijaya. Selengkapnya.

Catatan

Berita-berita di atas hanya rangkuman dari sebagian kecil peristiwa yang dapat diliput Berita Bhagavant. Anda dapat membaca semua berita Buddhis tahun 2023 secara penuh di sini.

Tidak semua peristiwa Buddhis di dunia ini dapat terliput dan mungkin saja ada pemberitaan yang kurang akurat dari narasumber terkait, untuk itu Berita Bhagavant menyampaikan permohonan maaf kepada para pembaca setia.

Selain itu, Bhagavant.com juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para pembaca yang telah menemani dan mendukung Berita Buddhis Bhagavant dengan tetap setia membaca, membagikan, hingga berkomentar selama setahun ini.

Simak berita dan info menarik di seputar dunia Buddhis dari mancanegara lainnya di tahun depan, dan … SELAMAT TAHUN BARU 2024![Bhagavant, 31/12/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Asia Tenggara,Indonesia
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: