Amerika » Amerika Serikat » Seremonial

Ketiga Kalinya Gedung Putih Jadi Tuan Rumah Perayaan Vesak

Bhagavant.com,
Washington, DC, Amerika Serikat – Untuk ketiga kalinya, Gedung Putih di Washington, DC menjadi tuan rumah perayaan Vesak pada Jumat, (5/5/2023).

Ketiga Kalinya Gedung Putih Jadi Tuan Rumah Perayaan Vesak
Foto: padmasambhava.org

Presiden Joe Biden menjadi presiden pertama dalam sejarah AS yang menyelenggarakan perayaan Vesak secara resmi di Gedung Putih pada Mei 2021, ketika para pemimpin dari tiga tradisi utama Agama Buddha — Theravada, Mahayana, dan Vajrayana — berkumpul bersama suami Wakil Presiden Kamala Harris, Douglas Emhoff untuk perayaan tersebut, yang menampilkan penyalaan lilin dan persembahan bunga.

Tahun ini menandai pertama kalinya sejumlah besar tamu dapat diterima di Gedung Putih setelah dua tahun sebelumnya dibatasi karena pandemi COVID-19. Duta Besar dari Kamboja, Nepal, Sri Lanka, dan Thailand hadir, bersama dengan umat Buddha dari India, Indonesia, dan Mongolia.

Menurut seorang pejabat Gedung Putih, staf Gedung Putih merayakan hari besar ini juga diundang untuk berpartisipasi. Pejabat itu juga menyatakan bahwa pemerintahan Biden berharap dapat mengirimkan pesan kepada umat Buddha “bahwa Gedung Putih melihat, mendengar, dan menghargai mereka pada hari raya suci mereka”.

Asosiasi Buddhis Internasional America (IBAA), yang merupakan mitra perayaan tersebut, mencatat pentingnya acara tersebut bagi umat Buddha di AS, dengan menyatakan: “Menurut Pew Research Center, ada lebih dari 3,5 juta umat Buddha dengan lebih dari 2.400 organisasi di AS, menjadikannya tradisi agama terbesar ketiga di negara kita. Vesak—dalam berbagai bentuk kebangsaan—telah diperingati oleh jutaan umat Buddha di seluruh dunia selama ribuan tahun.[Bhagavant, 16/5/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Amerika,Amerika Serikat,Seremonial
Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: