Aneh! Rupaka Buddha Zamrud Ditemukan di Dalam Batang Pohon Mangga

Bhagavant.com,
Chonburi, Thailand – Sebuah rupaka Buddha berusia 100 tahun dan terbuat dari zamrud ditemukan di dalam sebuah batang pohon mangga.

Rupaka Buddha Zamrut Ditemukan di Dalam Batang Pohon Mangga
Foto: khaosod.co.th

Sebuah rupaka Buddha secara tak terduga ditemukan di dalam batang pohon mangga ketika sedang ditebang pada saat penataan lansekap di Vihara Nong Sang Pracha Bamrung di distrik Phanat Nikhom, provinsi Chonburi, di wilayah timur Thailand.

Rupaka tersebut diyakini berasal dari era saat kepala vihara pertama yang tinggal di sana, sekitar seratus tahun yang lalu.

Penemuan rupaka Buddha tersebut, seperti yang dilansir The Nation (25 Oktober 2023) terjadi ketika kepala vihara saat ini mempekerjakan pekerja untuk menebang pohon mangga di halaman vihara pada 24 Oktober 2023 lalu, untuk memperbaiki lansekap vihara sebagai persiapan untuk acara besar pada tanggal 5 November.

Untuk mencapai hal tersebut, pekerja membawa pemotong pohon untuk memangkas pohon. Saat menebang pohon mangga besar, yang batangnya berukuran diameter sekitar 80 sentimeter dan tingginya 10 meter, penebangnya menemukan rupaka Buddha kecil berwarna zamrud. Rupaka tersebut telah diambil dengan hati-hati dan disimpan di kamar kepala vihara.

Wartawan berita yang mengunjungi vihara tersebut mencatat beragamnya spesies pohon di dalam halaman vihara. Mereka dipandu ke tempat pohon mangga yang tadi ditebang yang kini tinggal tunggulnya saja.

Tampak sisa cetakan (kanan) rupaka yang berada di dalambatang kayu. Foto: khaosod.co.th

Bhikkhu tersebut menjelaskan bahwa seorang penebang pohon telah didatangkan dari luar, karena ia perlu mengeluarkan kayu dari lokasi tersebut. Saat proses penebangan pohon dan pembelahan batangnya, ditemukan rupaka Buddha yang tersembunyi.

Rupaka berwarna hijau dan bergambar sosok Buddha yang sedang tersenyum itu tampaknya mengalami kerusakan akibat penggunaan gergaji saat pemotongan.

Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa rupaka tersebut sudah cukup tua, kemungkinan berusia lebih dari 100 tahun, dan kemungkinan besar berasal dari era saat kepala vihara yang pertama.

Kepala vihara saat ini adalah kepala vihara ketiga dalam sejarah vihara tersebut. Misteri bagaimana rupaka itu bisa sampai ke dalam batang pohon masih belum terpecahkan.

Saat ini, rupaka Buddha tersebut disimpan di kamar tidur kepala biara. Tidak diketahui apakah rupaka tersebut akan diperbaiki untuk sebagai sarana puja.[Bhagavant, 12/11/23, Sum]

Rekomendasikan:
ArkeologiTak BerkategoriThailand