Asia Tenggara » Birma » Seremonial

Buddhis Myanmar Rayakan Hari Abhidhamma 2567

Bhagavant.com,
Naypyidaw, Myanmar – Umat Buddhis Myanmar merayakan Hari Abhidhamma 2567 EB / 1385 EM (Era Myanmar), pada Minggu (29/10/2023).

Buddhis Myanmar Rayakan Hari Abhidhamma 2567
Ilustrasi Stupa Shwedagon di Kota Yangon. Foto: shutterstock

Sejumlah besar peziarah Buddhis mengunjungi Stupa Shwedagon di Kota Yangon hari ini, pada Hari Bulan Purnama Thadingyut (Hari Abhidhamma).

Sejak pukul 5.30 pagi, beberapa acara telah diadakan di stupa tersebut seperti persembahan makanan, tanya jawab tentang Hari Abhidhamma, dan penerimaan sila dari para bhikkhu yang mulia.

Seperti yang dilansir Eleven Myanmar, pada pukul 09.30, diadakan upacara penerimaan sila selama untuk akhir masa vassa dan upacara pelimpahan jasa saat puja bakti.

Selain itu, sejak pagi hari Stupa Shwedagon telah dipenuhi pengunjung yang mempersembahkan makanan, lampu minyak, bunga dan kertas emas serta memberikan sumbangan uang tunai.

Ada juga peziarah lain dari kota lain yang datang dengan bus atau mobil.

Hari Bulan Purnama Thadingyut (Hari Abhidhamma) tahun 1385 ME merupakan peristiwa penting secara keagamaan bagi umat Buddha tradisi Theravada yang banyak dianut oleh masyarakat Myanmar.

Hari Abhidhamma adalah hari untuk memperingati turun kembalinya Sri Buddha dari Surga Tavatimsa setelah mengajarkan ajaran Abhidhamma kepada mendiang ibunya yang terlahir di surga tersebut.

Turun kembalinya Sri Buddha dari Surga Tavatimsa tersebut bertepatan pada Hari Pavarana yaitu hari berakhirnya masa vassa (retret musim penghujan) para bhikkhu. Hari ini kemudian disusul dengan awal masa Kathina tepat sehari setelah Hari Pavarana.

Pada saat perayaan hari Abhidhamma masyarakat akan menyaksikan acara-acara seperti mempersembahkan lampu minyak kepada Sri Buddha, memberikan penghormatan kepada orang yang lebih tua, memberikan penerangan, dan memberikan dana makanan.[Bhagavant, 29/10/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Asia Tenggara,Birma,Seremonial
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: