Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seni dan Budaya

Rupang Buddha Tertinggi di Indonesia

Kamis, 8 Februari 2007

Bhagavant.com,
Medan, Sumatera Utara, Indonesia – Dua pekan yang lalu, tepatnya tanggal 20 Januari di kompleks Cemara Abadi, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Medan, Sumatera Utara, diadakan acara pemancangan tiang utama bangunan di kompleks Mahakaruna Buddhist Center. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Drs. Rudolf M Pardede, ketua panitia pembangunan, Eddy Kusuma, para bhiksu manca negara, dan beberapa tokoh masyarakat setempat. Direncanakan bangunan tersebut menjadi pondasi tempat berdirinya rupang Buddha Siddharta Gautama yang akan tercatat sebagai patung tertinggi di Indonesia.

Rupang Buddha tersebut terbuat dari batu granit utuh yang dipesan dan didatangkan langsung dari Provinsi Fujian, RRC. Rencananya, tinggi rupang itu akan mencapai 40 meter dan diletakkan di tengah-tengah bangunan berukuran 60 meter x 60 meter yang berelief tentang ajaran agama Buddha. Rupang itu sendiri memiliki tinggi 20 meter dengan berat 110 ton. Dan ia tidak sendirian, karena sebanyak 146 rupang lainnya dalam versi setinggi 2 meter akan disandingkan di sekeliling bangunan itu.

Selain rupang dan bangunan pondasi yang disebut dengan dharmasala itu, di kompleks Mahakaruna Buddhist Center akan dibangun tempat pemulihan trauma atau penampungan bagi korban bencana alam, rumah sakit, panti jompo, sekolah dan fasilitas sosial lainnya.

Pembangunan rupang Buddha ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu obyek wisata religius di Sumatera Utara selain Salib Kasih di Tarutung, Tapanuli Utara.[Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: