Vietnam

Buddhis Vietnam Merayakan Kathina Puja dengan Persembahan Jubah

Bhagavant.com,
Dong Nai, Vietnam – Umat Buddha di Vietnam merayakan Kathina Puja 2567 Era Buddhis dengan mempersembahkan jubah kepada Sangha Bhikkhu.

Buddhis Vietnam Rayakan Kathina dengan Persembahan Jubah Kathina
Foto: giacngo.vn

Umat Buddha di Vietnam merayakan Kathina Puja 2567 EB / 2023, salah satunya masyarakat yang berada di Provinsi Đồng Nai, Vietnam Selatan.

Pada pagi hari tanggal 24 November, di Vihara Phuoc Son Zen (Kota Bien Hoa), upacara besar persembahan jubah Kathina 2567 Era Buddhis berlangsung setelah tiga bulan vassa (retret musim penghujan – musim panas di Vietnam) para bhikkhu menurut tradisi Buddhis Theravada.

Menurut tradisi Buddhis Theravada, setelah 90 hari masa vassa, dari tanggal 16 bulan 9 hingga 15 bulan 10 penanggalan kalender lunar, kepala vihara dan vihara merayakan upacara persembahan jubah Kathina untuk memberi selamat kepada para bhikkhu atas bertambahnya masa vassa mereka.

Sebelum mengadakan upacara besar persembahan jubah Kathina 2567 Era Buddhis, Y.M. Thich Buu Chanh, kepala Vihara Phuoc Son Zen, membabarkan Dhamma yang merangkum dari Sutta Pembabaran Singkat tentang Perbuatan (Cūḷakammavibhanga Sutta; Majjhima Nikaya 135) yang perlu dipraktikkan dengan tekun oleh para umat Buddha setiap hari.

Mengikuti instruksi dari Kepala Vihara, umat melakukan penghormatan dengan melakukan pradaksina tiga putaran mengelilingi Buddha di halaman Alun-Alun Bodhi sebelum akhirnya mempersembahkan jubah Kathina.

Upacara persembahan jubah Kathina dihadiri oleh Y.M. Thich Thien Tam, Wakil Ketua Dewan Eksekutif, yang membidangi tradisi Theravada i Vetnam, para bhikkhu dari tradisi Theravada, dan delegasi bhikkhu dari Thailand, Sri Lanka, Myanmar, dan perwakilan pemimpin pemerintah daerah di Daerah Phuoc Tan, Kota Bien Hoa.

Pada kesempatan yang baik ini pihak vihara juga menyelenggarakan puja bakti perdamaian, pattidana, dan pemberkatan.

Mayoritas umat Buddhis di Vietnam menganut tradisi Mahayana Asia Timur dan pada umumnya bersifat inklusif dan sinkretis, berdasarkan pada tradisi-tradisi utama Buddhis di Tiongkok. Tradisi Theravada muncul di Vietnam tidak lepas dari keberadaan etnis Khmer yang berasal dari Kamboja.[Bhagavant, 24/11/24, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Vietnam
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: