Indonesia

Kaleidoskop Berita Buddhis 2021 Terpopuler

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Apa saja berita Buddhis 2021 yang terpopuler yang mendapat perhatian dari pembaca Berita Bhagavant? Berikut kaleidoskop Berita Buddhis 2021.

Kaleidoskop Berita Buddhis 2021 Terpopuler

Tahun 2021 menjadi tahun yang penuh tantangan saat pandemi COVID-19 masih merundung masyarakat dunia secara langsung terhadap fisik dan tidak langsung terhadap mental.

Meskipun akhir tahun 2021 sudah menjelang, pandemi tampaknya belum akan usai dan kemunculan varian baru virus Corona yang disebut Omicron justru menambah masa waktu berlangsungnya pandemi.

Selama tahun 2021, dunia Buddhis juga tidak lepas dari pandemi COVID-19 yang mengharuskan para umat untuk melakukan perubahan dan penyesuaian dari kebiasaan sehari-hari hingga kebiasaan yang dilakukan dalam keagamaan.

Puja bakti secara online atau live streaming hingga diskusi Dhamma menggunakan media sosial dan media komunikasi menjadi hal yang harus dilakukan untuk mengatasi keterbatasan tatap muka yang muncul karena penerapan PSBB atupun PPKM.

Selama pandemi tahun ke-2 ini, ada sejumlah peristiwa lain dalam dunia Buddhis yang menjadi perhatian. Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi di dunia Buddhis mancanegara setiap bulannya selama setahun ini berdasarkan yang paling banyaknya pembacanya.

Kaleidoskop Berita Buddhis 2021

Januari 2021

Penemuan Pertama Vihara Bhiksuni di Bukit Dataran Gangga
Sebuah vihara bhiksuni di atas bukit Dataran Gangga pertama kali ditemukan di Lal Pahari di Lakhisarai, India, pada 4 Januari 2021. Vihara dari sekitar abad ke-11-12 Masehi ini memiliki beberapa fitur unik yang jarang ditemukan di tempat lain di India dan tentunya tidak ditemukan di Bihar. Selengkapnya.

Februari 2021

Wanita Malaysia Ini Berjuang 6 Tahun untuk Menjadi Buddhis
Seorang wanita Malaysia yang lahir dari seorang ayah Muslim berjuang selama enam tahun di Mahkamah Persekutuan Malaysia untuk diakui sebagai seorang Buddhis secara hukum. Selengkapnya.

Maret 2020

Komite Sangha Myanmar Serukan Agar Junta Militer Hentikan Kekerasan
Komite Sangha Negara Myanmar menyerukan agar junta militer menghentikan agresinya terhadap para demonstran yang melakukan aksi damai. Komite Saṅgha Mahā Nāyaka yang beranggotakan 47 orang, sebuah lembaga para sayadaw (bhikkhu paling senior) yang ditunjuk pemerintah, telah mengumumkan keputusan untuk menangguhkan kegiatan mereka di tengah tindakan keras junta militer terhadap pengunjuk rasa anti kudeta. Selengkapnya.

April 2020

Ketika Dua Ahli Saraf AS Membuka Kursus Berkesadaran untuk Mahasiswa
Dua orang ahli saraf Amerika Serikat membuka kursus berkesadaran (mindfulness) untuk meningkatkan kesejahteraan para mahasiswa. Sejak 2019, dua ahli saraf (neurosains) Kevin Boehnke dan Richard E. Harris telah mengajarkan kursus meditasi untuk mahasiswa pascasarjana. Kursus tersebut dimulai sejak tahun 2018 ketika mereka melihat ruang kerja satu sama lain. Selengkapnya.

Mei 2020

Cantiknya Kanal Kota Ho Chi Minh Saat Sambut Vesak 2565 EB
Kanal Nhieu Loc-Thi Nghe di Kota Ho Chi Minh menjadi cantik setelah dihiasi dengan lentera lotus untuk merayakan Hari Trisuci Vesak 2565 Era Buddhis. Vihara Quan Am di Jalan Truong Sa Distrik Phu Nhuan telah memasang tujuh lentera kuning berbentuk bunga lotus di sepanjang kanal, yang mengalir hampir sembilan kilometer melalui Distrik 1, 3, Phu Nhuan, Tan Binh dan Binh Thanh sebelum bergabung dengan Sungai Saigon. Selengkapnya.

Juni 2020

Aktris Buddhis Jadi Salah Satu Wanita Luar Biasa Asia Pasifik-Amerika
Aktris kelahiran Kanada, Chantal Thuy, ditampilkan dalam majalah Forbes sebagai salah satu dari enam wanita Amerika – Asia Pasifik yang luar biasa. Chantal Thuy telah tampil bersama lima wanita terkemuka lainnya di komunitas Warga Amerika Asia dan Kepulauan Pasifik (AAPI) bulan Mei 2021 oleh majalah Forbes. Mei menandai Bulan Warisan Asia Pasifik Amerika di Amerika Serikat, menyoroti kehidupan dan pencapaian individu AAPI. Selengkapnya.

Juli 2020

Buddhis Vietnam Tolak Campur Tangan Negara Urusi Uang Persembahan
Umat Buddhis Vietnam menolak rancangan pedoman pemerintah Vietnam yang kontroversial yang berusaha mengendalikan uang persembahan umat untuk situs-situs keagamaan Buddhis. Umat Buddhis di Vietnam telah mendesak pemerintah untuk membatalkan rancangan pedoman kontroversial yang berusaha mengendalikan masalah keuangan untuk situs-situs keagamaan Buddha. Selengkapnya.

Agustus 2020

Rupaka Buddha Raksasa Pertama di Brasil Diresmikan
Rupaka Buddha raksasa pertama di Brasil yang juga dipercaya terbesar di dunia Barat khususnya di Amerika Latin, diresmikan pada 28 Agustus 2021. Rupaka yang berada di kompleks Vihara Zen Morro da Vargem di kota Ibiraçu, di negara bagian Espírito Santo ini memiliki tinggi 38 meter. Rupaka Buddha yang dengan posisi sedang duduk bermeditasi tersebut membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk dibangun. Selengkapnya.

September 2020

Media Sosial Tiongkok Larang Influencer Memanfaatkan Agama Buddha
Sejumlah media sosial Tiongkok mengkritik dan melarang para influencer memanfaatkan Agama Buddha untuk meningkatkan peringkat media sosial mereka. Belakangan ini di Tiongkok sejumlah influencer media sosial memanfaatkan Agama Buddha dan tradisinya untuk mendapatkan untung. Beberapa dari mereka (mayoritas perempuan) biasanya memposting foto sedang melakukan puja di hadapan rupaka Buddha, ada yang menulis teks-teks kitab suci pada kuku jarinya, dan ada yang menulis teks-teks keagamaan dengan urutan terbalik-balik. Selengkapnya.

Oktober 2020

Komunitas Buddhis di Pakistan Terancam Punah
Komunitas Buddhis terakhir yang masih ada di Pakistan menghadapi kepunahan karena tidak tersedianya tempat ibadah, ajaran agama dan perlindungan pemerintah. Pada tahun 2017, sensus dilakukan di provinsi Sindh dan Punjab di Pakistan, dan hanya 1.884 orang yang terdaftar sebagai umat Buddha. Selengkapnya.

November 2020

300 Bhikkhu Hadiri Persembahan Jubah Kathina 2565 di Bodh Gaya, India
Sekitar 300 bhikkhu berpartisipasi dalam upacara persembahan jubah Kathina 2565 EB pada hari 31 Oktober 2021 di Bodh Gaya, India. Upacara yang diselenggarakan oleh Komite Manajemen Vihara Bodh Gaya (BTMC) di kompleks warisan dunia Mahavihara Mahabodhi tersebut disiarkan secara langsung melalui YouTube. Ini adalah acara tahunan pertama yang diselenggarakan di Bodh Gaya setelah jeda dua tahun. Selengkapnya.

Desember 2020

Rupaka Buddha Tertua di Tiongkok Ditemukan di Barat Laut Shaanxi
Dua rupaka Buddha tembaga emas yang ditemukan di barat laut Provinsi Shaanxi telah menjadi yang tertua dari jenisnya yang ditemukan di Tiongkok. Pada konferensi pers yang diadakan oleh Administrasi Warisan Budaya Provinsi Shaanxi di ibu kota provinsi Xi’an pada hari Kamis (9/12/2021), rincian kedua rupaka itu terungkap, bersama dengan peninggalan budaya lainnya yang ditemukan di lebih dari 3.600 makam kuno di provinsi tersebut. Selengkapnya.

Berita-berita di atas hanya rangkuman dari sebagian kecil peristiwa yang dapat diliput Berita Bhagavant. Anda dapat membaca semua berita Buddhis tahun 2021 secara penuh di sini.

Banyak peristiwa yang telah terjadi di dunia Buddhis khususnya dari mancanegara pada tahun 2021, tetapi tidak semua peristiwa tersebut dapat terliput. Dan mungkin saja ada pemberitaan yang kurang akurat dari narasumber terkait, untuk itu permohonan maaf Berita Bhagavant sampaikan kepada para pembaca.

Terima kasih kepada para pembaca setia yang telah mendukung Berita Bhagavant dengan setia membaca, membagikan, hingga berkomentar. Tetaplah bersama Berita Buddhis Bhagavant untuk berita dan info menarik di seputar dunia Buddhis dari mancanegara lainnya di tahun depan, dan … SELAMAT TAHUN BARU 2022![Bhagavant, 31/12/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN