Amerika » Amerika Selatan

Rupaka Buddha Raksasa Pertama di Brasil Diresmikan

Bhagavant.com,
Espírito Santo, Brasil – Rupaka Buddha raksasa pertama di Brasil yang juga dipercaya terbesar di dunia Barat khususnya di Amerika Latin, diresmikan pada Sabtu (28/8/2021).

Rupaka Buddha Raksasa Pertama di Brasil Diresmikan
Upacara kaigen kuyou rupaka Buddha Ibiraçu, Brasil, Desember 2020. Foto: YouTube Vihara Zen Morro da Vargem

Rupaka yang berada di kompleks Vihara Zen Morro da Vargem di kota Ibiraçu, di negara bagian Espírito Santo ini memiliki tinggi 38 meter. Rupaka Buddha yang dengan posisi sedang duduk bermeditasi tersebut membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk dibangun.

Awalnya rupaka ini dijadwalkan akan diresmikan pada September 2020, tetapi ini ditunda karena kendala teknis dan karena pandemi COVID-19 hingga Januari tahun 2021.

Upacara penyakralan dengan ritual “kaigen kuyou” (upacara buka mata), dilakukan di hadapan Y.M. Master Zen Minamizawa Zenji pada bulan Desember tahun lalu, meskipun dikarenakan pandemi, upacara itu tidak terbuka untuk umum tetapi dilakukan secara daring melalui internet.

Peresmikan rupaka Buddha Ibiraçu yang diselenggarakan pada pukul 10 pagi tersebut dihadiri oleh Gubernur Espírito Santo, Renato Casagrande dan istrinya, Maria Virginia Casagrande.

“Monumen seperti ini bukan hanya sebuah bangunan. Ini adalah tempat di mana orang-orang bisa datang, mengambil foto, memposting di media sosial, tetapi juga merupakan kesempatan untuk berefleksi, untuk memberi makan batin. Saya sangat senang hari ini sebagai warga Espírito Santo dan Brasil mengetahui bahwa kita memiliki sumber pancaran dialog, keseimbangan, spiritualitas, kesabaran, toleransi dan perdamaian yang sangat kita butuhkan”, komentar Gubernur seperti yang dilansir Esfala, Sabtu (28/8/2021).

Selama upacara tersebut juga diadakan peresmian Sekolah Keramik Kanzeon dan Bosque da Sabedoria (Hutan Kebijaksanaan), yang terletak di kompleks Vihara Zen Morro da Vargem. Program ini juga termasuk peluncuran buku “Buddha”, yang menyatukan catatan fotografi monumen terbesar Buddha di Barat. Publikasi ini menyatukan foto-foto dari koleksivihara dan juga foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer Vitor Nogueira dan Hélio Filho, yang menemani seluruh proses konstruksi.

Rupaka Buddha yang terbuat dari 350 ton besi, baja, dan beton ini diharapkan menjadi salah satu tempat wisata terbesar di Brasil. Dalam keadaan normal, vihara menerima sekitar 1.000 pengunjung setiap akhir pekan. Bahkan sebelum peresmian, rupaka Buddha ini telah menarik banyak pengunjung.

Vihara Zen Morro da Vargem adalah vihara Zen pertama yang didirikan di Amerika Selatan. Didirikan pada tahun 1974 oleh Y.M Bhiksu Ryotan Tokuda, vihara yang terletak di ketinggian 350 meter ini melatih para bhiksu berdasarkan tradisi Zen Soto dan pendidikan lingkungan. Kompleks vihara terletak di situs seluas 150 hektar, termasuk 140 hektar yang telah disisihkan untuk konservasi hutan dan reboisasi.

Kompleks vihara juga mencakup taman Zen terbesar di Barat dan torii (gerbang tradisional Jepang) terpanjang di benua Amerika. Lima belas rupaka Buddha putih yang lebih kecil duduk bermeditasi di dekatnya, mewakili ketenangan yang harus kita pertahankan selama masa-masa sulit dan kebutuhan untuk gigih dan tidak menyerah dalam menghadapi rintangan hidup.[Bhagavant, 29/8/21, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN