India » Seremonial

300 Bhikkhu Hadiri Persembahan Jubah Kathina 2565 di Bodh Gaya, India

Bhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Sekitar 300 bhikkhu berpartisipasi dalam upacara persembahan jubah Kathina 2565 EB pada hari Minggu (31/10/2021) di Bodh Gaya, India.

300 Bhikkhu Hadiri Persembahan Jubah Kathina di Bodh Gaya, India
Foto: YouTube

Upacara yang diselenggarakan oleh Komite Manajemen Vihara Bodh Gaya (BTMC) di kompleks warisan dunia Mahavihara Mahabodhi tersebut disiarkan secara langsung melalui YouTube. Ini adalah acara tahunan pertama yang diselenggarakan di Bodh Gaya setelah jeda dua tahun.

Upacara persembahan jubah Kathina ini diadakan saat dimulainya musim turis 2021-22 di India. BTMC juga telah merilis daftar acara tahunan yang akan diselenggarakan di bawah pohon Bodhi suci.

Di pagi hari, para bhikkhu melakukan prosesi dari kantor BTMC menuju Mahavihara Mahabodhi. Mereka membacakan paritta dan mempersembahkan ‘kheer‘ (puding nasi) di depan rupaka Sri Buddha di ruangan tersuci Mahavihara Mahabodhi.

Aktor Bollywood Gagan Malik, yang memainkan peran utama dalam film berjudul ‘The Siddhartha Gautama’, menghadiri acara tersebut pada hari Minggu sebagai tamu utama. Para bhikkhu dari negara-negara Buddhis lainnya yang tinggal di vihara-vihara Thailand, Myanmar, Bangladesh, Kamboja dll. menghadiri acara tersebut.

Upacara persembahan jubah dilaksanakan setelah tiga bulan masa vassa (retret musim hujan) berakhir. Selama musim hujan, para bhikkhu umumnya harus tetap berada di dalam tempat tinggal mereka untuk berlatih memperdalam Dhamma dan bermeditasi. Setelah musim hujan berakhir, mereka mendapatkan persembahan kebutuhan sehari-hari untuk menjalani kehidupan rutin.

Salah satu di antara para bhikkhu, yang mengikuti semua peraturan retret musim hujan akan dipilih dan diberi persembahkan jubah (Pali: civara), selain barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Y.M. Bhikkhu Buddha Ratna (Bhante Manoj) dipilih untuk menerima jubah Kathina, selama acara ini.[Bhagavant, 14/11/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN