Asia Tenggara » Indonesia

Apa Saja Berita Buddhis Terpopuler di 2022?

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Apa saja Berita Buddhis terpopuler dari mancanegara yang terpantau sepanjang tahun 2022? Berikut ringkasannya.

Kilas Balik Berita Buddhis 2022 Terpopuler

Tahun 2022 menjadi tahun yang kurang nyaman bagi sebagian orang di dunia saat pandemi COVID-19 masih mewabah di sebagian negara, dan pecahnya perang antara Ukraina dan Rusia pada akhir Februari 2022.

Dunia Buddhis pada 2022 juga tidak luput dari berbagai peristiwa baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan di bidang sosial kemasyarakatan, pendidikan, arkeologi, kriminalitas, hingga kehilangan sejumlah tokoh Buddhis.

Meskipun status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah diangkat oleh Pemerintah Indonesia pada akhir Desember 2022, kewaspadaan masyarakat khususnya umat Buddha Indonesia terhadap pandemi COVID-19 tetap perlu dijaga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti tetap mengunakan masker dan melakukan vaksinasi lengkap.

Selama tahun 2022 ini, ada sejumlah peristiwa di dalam dunia Buddhis yang menjadi perhatian. Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi di dunia Buddhis mancanegara setiap bulannya selama 2022 berdasarkan yang paling banyaknya pembacanya.

Berita Buddhis Terpopuler 2022

Januari 2022

Kisah Dee Lestari Tertarik Meditasi Hingga Menjadi Buddhis
Dewi Lestari Simangunsong, penulis novel Supernova dan Rapijali, baru-baru ini mengungkapkan perjalanan spiritualnya memeluk Agama Buddha melalui ketertarikannya terhadap meditasi. Selengkapnya.
Kepopuleran berita mengenai Dee ini disusul dengan berita mengenai wafatnya Y.M. Master Zen Thich Nhat Hanh.

Februari 2022

Mahasiswa Dirikan Organisasi Buddhis di Universitas Harvard
Mahasiswa Buddhis di kampus Universitas Harvard memiliki tempat baru yang bisa mereka sebut rumah, yaitu Harvard Maarga sebagai organisasi Buddhis yang telah menerima pengakuan dari Undergraduate Council. Selengkapnya.
Kepopuleran berita diikuti dengan berita mengenai seruan dialog Dalai Lama atas krisis ukraina dan Rusia.

Maret 2022

Jejak Y.M. Gunavarman di Indonesia, Dharmaduta dari Kashmir
Y.M. Gunavarman, seorang bhiksu dharmaduta dari Kashmir ternyata pernah menjadi seorang penasihat raja di Jawa dan menyebarkan Agama Buddha. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai umat Buddhis di Sri Lanka yang berduka atas meninggalnya gajah yang paling dihormati di negara itu yaitu Gajah Nadungamuwa.

April 2022

Sekolah Dasar Buddhis Pertama di Uganda Resmi Dibuka
Sebuah sekolah dasar Buddhis pertama di Uganda secara resmi dibuka di Entebbe pada 29 Maret 2022, merupakan sekolah dasar yang didirikan oleh Uganda Buddhist Centre pimpinan Y.M. Buddharakkhita. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai aktor India, Gagan Malik yang mencoba kehidupan sebagai samanera sementara di Bangkok, Thailand.

Mei 2022

Sambut Vesak 2566 Festival Lentera Lotus Kembali Digelar
Setelah dua tahun tidak diselenggarakan Festival Lentera Lotus atau Yeon Deung Hoe (연등회) akhirnya digelar tahun ini di Seoul, Korea Selatan untuk menyambut Hari Vesak 2566 EB. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai Borobudur kembali menjadi tempat perayaan Vesak dan berita mengenai pesan Vesak 2566 dari Sekjen PBB.

Juni 2022

Baru Rayakan Vesak 2566 EB Mongolia Kedatangan Relikui Buddha
Negara Mongolia baru merayakan Buddha Purnima atau Hari Suci Vesak 2566 EB pada Selasa (14/6/2022) setelah negara lain terlebih dahulu merayakannya. Perayaan di negara ini menjadi istimewa dengan kehadiran relikui Buddha dari India. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai 2 bhiksuni Korea Selatan yang dinobatkan sebagai “Master Makanan Vihara Korea” oleh Nikaya Jogye.

Juli 2022

Paus Fransiskus Undang Delegasi Buddhis Thailand
Paus Fransiskus menyambut kedatangan delegasi Buddhis Thailand yang terdiri dari 33 anggota Sangha Theravada dan Mahayana bersama dengan 60 umat Buddhis awam beserta perwakilan dari Gereja Katolik Thailand. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai diselenggarakannya kembali Indonesia Tipitaka Chanting di Candi Borobudur.

Agustus 2022

Rupaka Buddhis Kuno 600 Tahun Muncul di Sungai Yangtze
Tiga buah rupaka kuno muncul saat permukaan air Sungai Yangtze surut karena musim panas yang ekstrem di Tiongkok. Rupaka yang salah satunya bernuansa Buddhis yang duduk di atas platform lotus tersebut muncul di dekat bagian selatan kota Chongqing. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai keputusan Pengadilan Tinggi India untuk menetapkan sebuah rupaka kuno sebagai rupaka Buddhis alih-alih Hindu.

September 2022

2 Paviliun Vihara Gunung Jadi Pusaka Nasional Korea Selatan
Dua paviliun kuno di vihara gunung di Korea Selatan yaitu Paviliun Anyang-ru dan Paviliun Beomjong-gak di Vihara Buseok ​​di Yeongju, Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan secara resmi ditetapkan sebagai Pusaka Nasional oleh Administrasi Warisan Budaya Korea Selatan. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai 3 peringatan peristiwa istimewa di Purnama September 2022.

Oktober 2022

Perayaan Kathina Puja 2566 EB di Sejumlah Negara
Perayaan Kathina Puja 2566 EB diselenggarakan di sejumlah negara dari museum di Taxila, Pakistan hingga di dekat Air Terjun Niagara, AS. Perayaan Kathina Puja yang setiap tahunnya diselenggarakan selama sebulan oleh umat Buddha, khususnya dari tradisi Theravada untuk merayakan berakhirnya masa vassa para bhikkhu, tahun ini jatuh mulai pada 10 Oktober 2022. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai wafatnya 2 bhikkhu Sangha Theravada Indonesia akibat kecelakaan di jalan tol.

November 2022

Anggota Sangha Lakukan Upacara untuk Korban Itaewon
Para pemimpin Buddhis dan anggota Sangha melakukan upacara untuk para korban kerumunan pesta Halloween di distrik Itaewon pada 29 Oktober 2022 lalu. Setidaknya 156 orang, sebagian besar berusia 20-an, tewas dan puluhan lainnya terluka ketika gelombang orang berdesakan mencoba melewati gang sempit di distrik Itaewon pada Sabtu menjelang perayaan Halloween. Perayaan Halloween sendiri jatuh pada Senin, 31 Oktober. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai 10 negara mengikutii International Buddhist Conference Indonesia di Bukit Dagi, kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 18-20 November 2022.

Desember 2022

Penelitian: Pancasila Buddhis Menahan Efek Stres dari Depresi
Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di PLOS One, sebuah jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan penelaahan sejawat (peer-review) yang diterbitkan oleh Public Library of Science, penerbit nirlaba yang berbasis di AS, telah menggarisbawahi keefektifan Pancasila Buddhis dari perilaku kemoralan dalam kehidupan sehari-hari sebagai aspek kunci untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional. Selengkapnya.
Kepopuleran berita ini diikuti dengan berita mengenai sejumlah vihara di menjadi target kawanan perampok di Texas Utara dan Tennessee, AS.

Berita-berita di atas hanya rangkuman dari sebagian kecil peristiwa yang dapat diliput Berita Bhagavant. Anda dapat membaca semua berita Buddhis tahun 2022 secara penuh di sini.

Banyak peristiwa di dunia Buddhis khususnya dari mancanegara yang terjadi pada tahun 2022, tetapi tidak semua peristiwa tersebut dapat terliput. Dan mungkin saja ada pemberitaan yang kurang akurat dari narasumber terkait – “tak ada gading yang tak retak” – untuk itu Berita Bhagavant menyampaikan permohonan maaf kepada para pembaca setia.

Terima kasih kepada para pembaca setia yang telah menemani dan mendukung Berita Bhagavant dengan setia membaca, membagikan, hingga berkomentar. Tetaplah bersama Berita Buddhis Bhagavant untuk berita dan info menarik di seputar dunia Buddhis dari mancanegara lainnya di tahun depan, dan … SELAMAT TAHUN BARU 2023![Bhagavant, 31/12/22, Sum]


Kategori: Asia Tenggara,Indonesia
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: