Asia Oseania » Seremonial

Perayaan Kathina Puja 2566 EB di Sejumlah Negara

Bhagavant.com,
New Delhi, India – Berikut perayaan Kathina Puja 2566 EB diselenggarakan di sejumlah negara dari museum di Taxila, Pakistan hingga di dekat Air Terjun Niagara, AS.

Perayaan Kathina Puja 2566 EB di Sejumlah Negara
Perayaan Kathina di dekat Air Terjun Niagara, AS Foto: wgrz.com

Perayaan Kathina Puja yang setiap tahunnya diselenggarakan selama sebulan oleh umat Buddha, khususnya dari tradisi Theravada untuk merayakan berakhirnya masa vassa para bhikkhu, tahun ini jatuh mulai pada 10 Oktober 2022. Masa vassa sendiri adalah masa saat para bhikkhu melakukan retret dan melakukan pelatihan diri selama tiga bulan sehari setelah Hari Raya Asalha (Asadha) di bulan ke-4 penanggalan Buddhis (sekitar Juli).

Pada perayaan Kathina Puja, para umat mempersembahkan sangha dana (dana kepada sangha) berupa empat kebutuhan pokok para bhikkhu yaitu jubah, makanan, tempat tinggal, obat-obatan. Dan yang menjadi pusat perhatian dalam perayaan Kathina adalah persembahan jubah Kathina (Kathina civara dana). Jubah Kathina ini menjadi spesial karena dibuat oleh umat Buddha dari bahan mentah hingga menjadi jubah dan prosesnya dilakukan dalam satu hari pada saat upacara persembahan jubah Kathina berlangsung.

Berikut beberapa perayaan Kathina Puja 2566 EB di sejumlah negara.

1. New Delhi, India

Upacara persembahan jubah Kathina (Kathina Civara) dari Vihara Buddha New Delhi diadakan pada 22-23 Oktober 2022 di bawah naungan Komisaris Tinggi Sri Lanka untuk India, Milinda Moragoda.

Siaran pers dari Komisi Tinggi mengatakan: Penguncaran sutta khusus oleh Maha Sangha diadakan sebagai bagian dari upacara Kathina Civara Dana selama dua hari, yang dipimpin oleh Sekretaris Bersama Masyarakat Mahabodhi India Y.M. Rathmalwala Sumithananda Thera; Kepala Vihara Buddha New Delhi Y.M. Yudaganawe Seelawansa Thera dan Sekretaris Administrasi Tempat Singgah Peziarah Buddhis Sri Lanka New Delhi Ven. Pallegama Vijitha Thera, Anggota staf komisi tinggi, sejumlah besar warga Sri Lanka dan umat Buddha lainnya yang tinggal di kota tersebut berpartisipasi untuk melakukan berbagai kebajikan.

2. Taxila, Pakistan

Delegasi para bhikkhu asal Thailand yang sedang dalam kunjungan ziarah tiga bulan ke Pakistan menyelenggarakan upacara Kathina untuk pertama kali di Museum Taxila pada 12 Oktober 2022 untuk menandai berakhirnya masa vassa.

Kepala Dewan Tertinggi Sangha Thailand Y.M. Arayawangso melakukan upacara Kathina dan memberikan ceramah penutup.

Utusan dari Thailand, Indonesia, Sri Lanka, Myanmar dan diplomat Islamabad yang berbasis di berbagai negara ASEAN selain Sekretaris Pariwisata Punjab Ayisa Gull juga hadir pada kesempatan ini.

Ayisa mengatakan kepada media bahwa delegasi para bhikkhu Thailand telah berada di Pakistan selama tiga bulan terakhir, dan kemudian lebih dari seratus bhikkhu juga datang untuk bergabung dengannya.

Pada kesempatan itu Ayisa menjelaskan mengenai masa tinggal tiga bulan para bhikkhu adalah bagian dari program retret musim hujan yang biasanya dikenal sebagai periode belajar intensif, ketika para bhikkhu berdiam di satu tempat selama musim hujan untuk retret keviharaan selama tiga bulan yang ditentukan oleh kalender lunar.

Ayisa mengatakan bahwa delegasi para bhikkhu tersebut juga mengunjungi Museum Taxila di mana kepalanya membunyikan lonceng perdamaian.

3. New York, Amerika Serikat

Sebuah puja bakti perayaan Kathina juga dirayakan di dekat Air Terjun Niagara, New York, Amerika Serikat. Puja bakti ini menyatukan komunitas Buddhis dan untuk melestarikan budaya mereka di New York Barat.

Setiap tahun, komunitas Buddhis di New York Barat berkumpul untuk merayakan kathina. Vihara (Wat) Buddhakunaram Niagara Falls, sebuah vihara di dekat Air Terjun Niagara, merayakan Kathina untuk kedua kalinya.

Komunitas Buddhis New York Barat memberikan jubah baru kepada para bhikkhu mereka, untuk berterima kasih kepada mereka atas kerja keras dan dedikasi mereka kepada komunitas mereka. Keenam bhikkhu di vihara tersebut menerima jubah baru selama akhir pekan.

Vihara Buddhakunaram dibuka tiga tahun lalu dan sekarang para bhikkhu memiliki komunitas dan fasilitas tersrbut, mereka berharap dapat berbagi budaya mereka dengan seluruh warga di New York Barat.

“Ini sangat berarti bagi kami, bahwa kami dapat memperkenalkan ajaran Buddha kami kepada semua orang, sehingga mereka dapat belajar bagaimana menjadi damai,” kata Y.M. Bhikkhu Kham seperti yang dilansir WGRZ, (20/10/2022).

“Bagian yang menarik adalah mereka benar-benar mengibarkan bendera mereka di komunitas kami lagi. Jadi kami kembali menjadi kota imigran dan kami menghargainya. Hari ini luar biasa, mengalami semua ini,” kata Robert Restaino, walikota Air Terjun Niagara.

Saat ini di New York Barat, komunitas Buddhis tidak terlalu besar dibandingkan dengan yang lain, tetapi mereka siap untuk membangunnya.

Para warga diundang untuk datang, bermeditasi dan belajar lebih banyak tentang komunitas mereka. Mereka memiliki program dari jam 6 sampai jam 7, pagi dan sore, setiap hari. Vihara ini terletak di 2609 Niagara Falls Boulevard di Air Terjun Niagara.

4. Surabaya, Indonesia

Perayaan Kathina di Indonesia diselenggarakan oleh beragam komunitas Buddhis Indonesia, salah satunya oleh Young Buddhist Association (YBA) of Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, dengan menyelenggarakan acara “Festival Mindful 2022” dari 12–16 Oktober 2022.

Dalam rangkaian acara tersebut juga diselenggarakan acara “Bulan Sanghadana di Kathina” di Tunjungan Plaza Surabaya, pada Jumat (14/10/2022) yang dihadiri oleh anggota Sangha dari Sangha Theravada Indonesia dan Sangha Agung Indonesia.

Pada acara “Bulan Sanghadana di Kathina” tersebut hadir pula Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

“Hari ini telah menunjukkan karya sangat monumental dimana teman-teman muda mampu menterjemahkan kegiatan keagamaan yang tidak hanya bersifat ritual dalam rumah ibadah semata, namun mampu membawa ke ranah yang lebih luas lagi,” kata Dirjen Bimas Buddha Supriyadi, seperti yang dilansir situs Kementerian Agama RI.

Selain kegiatan persembahan dana kepada para bhikkhu, di acara “Bulan Sanghadana di Kathina” juga diselenggarakan upacara pattidana (pelimpahan jasa).

“Mindful Festival 2022” menampilkan perayaan tradisional yang dipadukan dengan teknologi modern. Sejumlah atraksi untuk publik yang ditampilkan di antaranya: pertunjukan seni, pertunjukan musik, lokakarya kaligrafi, barongsai, lokakarya mindfulness, dan pertunjukan oleh anak-anak dari Sekolah Minggu yang dikelola oleh vihara-vihara di Surabaya.

5. Bangkok, Thailand

Pemerintah Thailand telah meluncurkan perayaan Kathina 2566 / 2022 secara nasional, dan mendorong umat Buddha di seluruh negeri tersebut untuk merayakan Kathina, dengan periode perayaan nasional tahun ini ditetapkan dari 11 Oktober hingga 8 November.

Sebelum pertemuan Kabinet, Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-o-cha menyaksikan presentasi dari Kementerian Kebudayaan pada perayaan Kathina tahun ini di mana Menteri Kebudayaan Itthiphol Khunpluem meninjau demonstrasi perayaan Chula Kathina dari pusat pembelajaran budaya Wat Phrong Madua di Nakhon Pathom.

Perdana Menteri pada kesempatan ini turut serta dalam tradisi pengibaran bendera di pohon Kathina sambil mengundang para umat Buddha di Thailand untuk ikut serta dalam perayaan tersebut, guna membantu melestarikan dan mewariskan tradisi ini.

Kathina adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat dari semua kelas sosial di Thailand, dengan istana menyelenggarakan perayaan Royal Kathina setiap tahun. Perayaan dapat diatur secara pribadi, atau dalam kelompok. Perayaan Kathina biasanya berlangsung selama satu bulan, dengan upacara Kathina kerajaan secara resmi dimulai pada 18 Oktober.[Bhagavant, 27/10/22, Sum]


Kategori: Asia Oseania,Seremonial
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: