Pendidikan » Uganda

Sekolah Dasar Buddhis Pertama di Uganda Resmi Dibuka

Bhagavant.com,
Kampala, Uganda – Sebuah sekolah dasar Buddhis pertama di Uganda secara resmi dibuka di Entebbe pada 29 Maret 2022.

Sekolah Dasar Buddhis Pertama di Uganda Resmi Dibuka
Foto: Facebook Uganda Buddhist Centre – UBC

Sekolah dasar yang didirikan oleh Uganda Buddhist Centre pimpinan Y.M. Buddharakkhita ini resmi dibuka oleh Duta Besar Thailand untuk Kenya, Sasirit Tangulrat dalam kunjungannya di Uganda untuk bertemu dengan Presiden Uganda Yoweri Museveni untuk pembicaraan bilateral.

“[Ini akan menjadi sekolah] di mana masyarakat belajar melatih tangan, melatih kepala, dan juga melatih batin melalui meditasi,” kata Y.M Buddharakkhita.

Sekolah yang dibangun oleh pusat Buddhis di Uganda ini menawarkan pendidikan gratis kepada siswa, terutama anak-anak di dalam masyarakat. Berbeda dengan sekolah dasar di Indonesia, sekolah dasar di Uganda di dalamnya termasuk Taman Kanak-Kanak.

Bhante Buddharakkhita mengatakan bahwa Agama Buddha tidak seperti jenis agama lain yang membutuhkan konversi. Tentang masalah sekolah, dia percaya bahwa itu akan mengajarkan banyak pelajaran hidup kepada para siswa untuk membantu mereka mencapai kesejahteraan dalam hidup.

Ia menambahkan bahwa sekolah tersebut hanyalah salah satu dari banyak proyek yang telah ia lakukan untuk masyarakat. Proyek lainnya termasuk pembangunan lubang bor, penanaman pohon dan mendukung mereka yang membutuhkan. Dia sekarang sedang membangun gedung Sangha, rumah bagi investor, turis dan pengunjung dari seluruh dunia.

Menurut Uganda Buddhist Centre, saat ini, ada 24 anak yang terdaftar di Program Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Perdamaian (Peace School). “Anak-anak berkisar antara 3-5 tahun dan berasal dari daerah sekitarnya yang disebut Bulega. Kami mendanai tiga guru penuh waktu dan dua anggota staf untuk melayani semua orang dan memelihara ruang kelas.”

“Tujuan dari Peace School ini adalah untuk memberikan pendidikan dalam lingkungan belajar yang etis sehingga anak-anak dapat menjadi warga negara yang bersungguh-sungguh,” jelas Uganda Buddhist Centre.

“Sekolah ini bercita-cita untuk menawarkan pendidikan berbasis kesadaran yang akan berkontribusi pada kedamaian lahir dan batin serta kepedulian terhadap lingkungan alam. Sekolah ini didasarkan pada perspektif Buddhis tetapi juga mengajarkan etika dan nilai-nilai tradisional Afrika, seperti filosofi Ubuntu, dijelaskan sebagai ‘kepercayaan pada ikatan universal untuk berbagi yang menghubungkan semua umat manusia.’”

Di Uganda, Agama Buddha baru saja berkembang dan yang memimpinnya adalah Y.M. Buddharakkhita, pendiri dan kepala biara Uganda Buddhist Center yang berlokasi di Entebbe, Uganda.

Y.M. Buddharakkhita adalah warga Uganda pertama yang menjadi bhikkhu. Dan Uganda Buddhist Centre, adalah sentra Buddhis pertama dan satu-satunya di negara Afrika.[Bhagavant, 9/4/22, Sum]


Kategori: Pendidikan,Uganda
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: