Asia Tenggara » Birma

200 Ribu Buddhis Hadiri Hari Ke-2 Puja Bakti Tahun Baru 2019 di Yangon

Kamis, 3 Januari 2019

Bhagavant.com,
Yangon, Myanmar – Sekitar 200 ribu umat Buddhis menghadiri hari ke-2 puja bakti Dhamma Tahun Baru di Yangon, Myanmar pada Rabu (2/1/2019).

Sekitar 200 ribu umat hadiri puja bakti Tahun Baru hari ke-2 di Yangon, Myanmar, pada Rabu (2/1/2019).
Sekitar 200 ribu umat hadiri puja bakti Tahun Baru hari ke-2 di Yangon, Myanmar, pada Rabu (2/1/2019). Foto: Facebook Ashin Nandamãlãbhivamsa

Puja bakti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Wilayah Yangon tersebut digelar di Taman Rakyat yang merupakan salah satu taman utama yang berada dekat dengan Stupa Shwedagon.

Y.M. Ashin Nandamālābhivamsa (Sayadaw Nandamalar Bhivamsa), rektor Universitas Dhammaduta Buddhis Theravada Internasional menyampaikan khotbah Dhamma berjudul “Menyingkirkan Kebencian dari Batin.”

Pemerintah Wilayah Yangon telah mengadakan puja bakti Dhamma Tahun Baru selama tiga hari tersebut sejak tahun 2016.

Y.M. Ashin Nyanissara (Sayadaw Sitagu) akan menyampaikan khotbah Dhamma pada pukul 7 malam hari ini waktu Yangon.

Selain para umat awam, samanera, anagarini dan para bhikkhu, dari pula para pejabat. Di antara para umat hadir pula para perjabat, antara lain, Ketua Menteri Wilayah Yangon U Phyo Min Thein beserta istri, Ketua Wilayah Yangon Hluttaw U Tin MaungTun, Wakil Ketua U Lin Naing Myint, anggota Kabinet Daerah Yangon dan para anggota parlemen.

“Dengan bantuan para umat, saya tiba di sini untuk mendengarkan Dhamma. Upacara Dhamma semacam ini akan bermanfaat bagi negara karena dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mengurangi keserakahan, kemarahan, dan ketidaktahuan mereka yang berlebihan,” kata U Hla Tin, seorang warga dari Kota Dagon Timur, seperti yang dilansir Global New Light Myanmar, Kamis (3/1/2019).

Sementara itu, Palang Merah Myanmar bersiaga untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berkumpul di sana.

“Upacara tersebut ramai. Jadi, beberapa orang lanjut usia menjadi pusing,” kata U HlaMyint dari Palang Merah Kota Kyimyindine.

“Saya merasa senang mendengarkan khotbah di sini. Saya datang ke sini setiap tahun,” kata Daw Ni Ni Sein dari Kota Pabedan.

Pemerintah Wilayah Yangon telah menyediakan layanan feri gratis kepada warga dari empat distrik di wilayah tersebut.

U Maung Maung Kywe, Ketua Sub-komite Transportasi, mengatakan bahwa mereka telah mengatur transportasi gratis untuk para peziarah di seluruh 4 distrik. Selain itu, para donatur akan mengoperasikan kendaraan sewaan dan mini-bus gratis.

Ko Thura Zaw dari Perusahaan Kapal DSH mengatakan ia dan teman-temannya bekerja sukarela di puja bakti Dhamma tersebut. Ia mengatakan, “Kami mendistribusikan makanan yang disumbangkan kepada warga yang menghadiri acara tersebut. Saya percaya semua orang akan mendapatkan banyak wawasan dhamma dan menerima jasa baik dari puja bakti tersebut.”

Puja bakti Dhamma tahun ini dihadiri oleh masyarakat dari kota-kota di Wilayah Yangon dan dari wilayah lain negara itu.

Para donatur menyediakan makanan amal untuk warga pada puja bakti tersebut. Petugas Palang Merah memberikan perlindungan kesehatan dan pasukan polisi regional memastikan keamanan bagi para umat.[Bhagavant, 3/1/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: