Asia Tenggara » Indonesia

Berikut Kilas Balik Berita Buddhis Teratas Sepanjang 2017

Minggu, 31 Desember 2017

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Banyak yang terjadi di dunia Buddhis mancanegara selama tahun 2017, dan tidak salahnya untuk melihatnya kembali melalui kilas balik berita Buddhis yang mungkin dapat dijadikan pengetahuan dan pembelajaran diri serta meningkatkan saddha.

Kilas balik berita Buddhis 2017
Kilas balik berita Buddhis 2017

Berikut kilas balik berita Buddhis teratas sepanjang tahun 2017 yang dapat dihimpun Berita Bhagavant yang mungkin Anda lewatkan.

Januari

Rupaka Buddha 600 Tahun Muncul dari Waduk di Tiongkok
Sebuah rupaka Buddha muncul keluar ke permukaan air di Waduk Hongmen di Daerah Nancheng di Kota Fuzhou, saat proyek renovasi gerbang PLTA. Para arkeolog bawah air di Tiongkok mengungkap keberadaan rupaka Buddha berusia sekitar 600 tahun tersebut. (Baca selengkapnya)

Februari

Penemuan 7 Eksoplanet Perkuat Ajaran Buddha tentang Semesta
Beberapa ilmuwan dari Institut Teknologi California yang bekerja untuk Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), menemukan 7 eksoplanet (di luar Tata Surya kita). Penemuan ini ternyata memperkuat ajaran Agama Buddha mengenai alam semesta. (Baca selengapnya)

Maret

Debut Rupaka Buddha Kuno 1.000 Tahun dari Mes Aynak di Museum Kabul
Setelah mengalami berbagai terpaan dari waktu, kondisi alam, penjarahan, dan perang, sebuah rupaka Buddha dalam kondisi menakjubkan telah diperbaiki dan dipindahkan dari daerah paling berbahaya di Afghanistan, diperlihatkan untu pertama kalinya di museum nasional di negara itu. (Baca selengkapnya)

April

Menggemaskan, Saat 8 Anak Jadi Samanera Sementara Sambut Vesak 2561 di Seoul
Menyambut Hari Raya Vesak 2561 EB/2017, di Seoul, Korea Selatan, delapan anak berusia antara 5-7 tahun mengikuti program pabbajja (Kor: chulga) dari Vihara Jogye. Beberapa di antara mereka ada yang bergairah, tertawa, ada juga yang menangis saat proses pencukuran.(Baca selengkapnya)

Mei

Malam Vesak 2017 Ribuan Buddhis Singapura Jalani “San Bu Yi Bai”
Lebih dari 20.000 orang mendatangi Vihara Kong Meng San Phor Kark See untuk melakukan puja bakti penghormatan kepada Sri Buddha pada malam Hari Vesak 2017. Mereka melakukan berbagai kegiatan di antaranya Vesak Fair dan prosesi “San Bu Yi Bai” (tiga langkah, satu sujud) dan pencurahan air atau pemandian rupaka Bayi Siddhartha. (Baca selengkapnya)

Juni

Menelaah Nilai Luhur Buddhis di Garuda Pancasila NKRI
Memperingati hari lahirnya Pancasila NKRI pada 1 Juni, umat Buddhis Indonesia diingatkan kembali akan nilai-nilai luhur Buddhis yang terkandung di dalam Dasar Negara Indonesia. Makna dan sejarah “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan salah satu nilai luhur yang diwariskan dari Kakawin Sutasoma gubahan Mpu Tantular seorang Buddhis pada masa Kerajaan Majapahit. (Baca selengkapnya)

Juli

Mumi Buddhis 1.000 Tahun Ini Tetap dalam Kondisi “Sehat”
Setelah dilakukan pemindaian citra tomografi berkomputer (CT Scan) terhadap relikui tubuh emas seorang Master Buddhis dari 1.000 tahun yang lalu, menunjukkan bahwa mumi yang terdapat di dalamnya memiliki kondisi tulang yang “sehat” dan otaknya yang lengkap. (Baca selengkapnya)

Agustus

Peneliti Berusaha Petakan Aktivitas Otak Para Bhiksu Saat Debat
Para peneliti dari Science for Monks, sebuah lembaga sains yang berbasis di AS, dan dari Universitas Negeri Kent, Ohio, melakukan pengamatan saksama terhadap para bhiksu yang sedang melakukan debat serius mengenai perhatian penuh di laboratorium kecil kampus Universitas Keviharaan Sera Jey di Tibet. (Baca selengkapnya)

September

Duka Buddhis dan Hindu di Balik Konflik Identitas Etnis di Rakhine, Myanmar
Serangkan teroris etnis Benggala yang mengklaim diri sebagai “Rohingya” yang membentuk kelompok Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA), menyisakan duka bagi umat Buddhis dan Hindu di Rakhine, Myanmar. Namun sayangnya pemberitaan yang bias oleh media-media asing membuat penderitaan mereka terabaikan. (Baca selengkapnya)

Oktober

29 Teks Buddhis Ditemukan Dalam Rupaka Buddha Abad Ke-15
Teks-teks kuno Buddhis berjumlah 29 buah ditemukan di dalam sebuah rupaka kayu Buddha dari abad ke-15 di sebuah vihara bersejarah di Korea Selatan. Teks-teks Buddhis yang salah satunya berukuran saku tersebut dibuat pada masa Dinasti Goryeo (918-1392) dan jenis ini belum pernah ditemukan sebelumnya. (Baca selengkapnya)

November

Atlet Bulu Tangkis Putri Thailand Ungkap Resep Buddhis dari Ketangguhan Mentalnya
Nitchaon Jindapol asal Thailand, juara tunggal putri turnamen bulu tangkis Bitburger Badminton Open 2017, mengungkapkan resep ketangguhan mentalnya dalam turnamen internasional tersebut. (Baca selengkapnya)

Desember

Perkenalkan Ini Kapelan Buddhis Pertama di Angkatan Udara AS
Salah satu lulusan sebuah universitas berbasis pendidikan Buddhis kini menjadi seorang kapelan Buddhis pertama di Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia menjawab kontradiksi antara ajaran Buddha yang penuh damai dengan perannya di dalam kemiliteran. (Baca selengkapnya)

Kilas balik berita Buddhis teratas sepanjang tahun 2017 tersebut berdasarkan pada yang paling banyak dibaca oleh warganet. Untuk semua berita Buddhis tahun 2017 dari yang terbaru sampai terlama dapat diakses di sini.

Peristiwa di dunia Buddhis mancanegara bergitu banyak dan beragam sehingga tidak semua berita tersebut terlaporkan dalam Berita Bhagavant. Apa saja yang akan terjadi di dunia Buddhis pada tahun 2018? Tetaplah bersama Berita Bhagavant untuk berita-berita Buddhis lainnya di tahun depan, dan … Selamat Tahun Baru 2018![Bhagavant, 31/12/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: