Korea Selatan » Seni dan Budaya » Tradisi dan Budaya

Festival Lentera Lotus Sambut Vesak Dibatalkan Kedua Kalinya

Bhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Festival Lentera Lotus atau Yeon Deung Hoe (연등회) untuk menyambut Hari Vesak di Korea Selatan kembali dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Festival Lentera Lotus Sambut Vesak Dibatalkan Kedua Kalinya
Foto: YouTube

Komunitas Buddhis Korea Selatan mengumumkan pada Sabtu (10/4/2021) bahwa parade festival lentera tahunan untuk merayakan kelahiran Sri Buddha dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut di tengah pandemi virus corona baru.

Komunitas Buddhis di Korea Selatan biasanya mengadakan festival menyalakan lentera selama tiga hari, yang disebut “Yeon Deung Hoe” dalam bahasa Korea, menjelang perayaan kelahiran Sri Buddha atau Vesak. Sebuah parade yang melintasi pusat kota Seoul adalah acara utama dari festival ini.

Tetapi tahun ini, parade tersebut telah dibatalkan bersama dengan beberapa acara lainnya karena kekhawatiran akan kebangkitan kembali kasus COVID-19. Awalnya, parade festival itu dijadwalkan pada 15 Mei 2021, empat hari sebelum hari lahir Sri Buddha, yang jatuh pada 19 Mei tahun ini menurut tradisi Buddhis Asia Timur berdasarkan penanggalan Imlek. Menurut tradisi Buddhis Asia Timur, Bodhisattva Siddhartha lahir pada bulan ke-4 hari ke-8 dalam penanggalan Imlek.

Ini menandai tahun kedua berturut-turut parade tersebut dibatalkan di tengah COVID-19. Tahun lalu, acara tersebut dibatalkan untuk pertama kalinya sejak 1980, ketika darurat militer diberlakukan di Seoul untuk mengontrol gerakan demokrasi yang terjadi pada bulan April tahun itu.

Seperti yang dilansir Yonhap News, Sabtu (10/4/2021), meskipun ada pembatalan parade, upacara penyalaan lentera, yang menandai dimulainya festival, akan diadakan sesuai rencana pada 28 April di Seoul Plaza di pusat kota.

Vihara-vihara juga akan mengadakan acara individu untuk merayakan Hari Vesak. Pada tanggal 15 Mei, vihara-vihara di seluruh Korea Selatan akan menjadi tuan rumah puja bakti keagamaan untuk merayakan Vesak dengan skala kecil sesuai dengan langkah-langkah protokol antivirus di negara tersebut. Keesokan harinya, acara yang memperkenalkan budaya tradisional Korea akan disiarkan secara online.

Museum Sentral Buddhis di Daerah Jongno akan mengadakan pameran yang menampilkan festival lentera dari 14 April hingga 23 Juli 2021 untuk memperingati festival tersebut sebagai warisan budaya takbenda UNESCO pada Desember tahun lalu.[Bhagavant, 14/4/21, Sum]

Penulis:
REKOMENDASIKAN