India » Travel

India Kembangkan Taman Bertema Buddhis di Telangana

Bhagavant.com,
Telangana, India – Pemerintah India sedang mengembangkan taman bertema Buddhis di Telangana yang akan terintegrasi dengan Jalur Buddhis yang akan mengundang turis mancanegara.

India Kembangkan Taman Bertema Buddhis Buddhavanam di Telangana
Taman Buddhavanam, Telangana, India. Foto: Twitter @KTRTRS

Nagarjuna Sagar di distrik Nalgonda terletak sekitar 165 km dari Hyderabad, merupakan salah satu tempat liburan paling populer dari ibu kota Telangana. Sudah sejak lama atraksi wisata di tempat ini yaitu bendungan, berperahu di danau, dan pulau Nagarjuna Konda.

Tempat ini sekarang mendapatkan perubahan, berkat sebuah proyek taman wisata bernama Buddhavanam yang sedang dalam pengembangan oleh Perusahaan Pengembangan Pariwisata Negara Bagian Telangana, dan akan segera diresmikan

Buddhavanam diklaim untuk menjadi tujuan satu atap bagi siapa pun yang tertarik untuk belajar tentang kehidupan dan ajaran Buddha. Menawarkan waktu yang damai, taman ini menampilkan sekilas kehidupan Sri Buddha, seperti peristiwa yang membawa jalan pencerahan bagi diriNya dan orang lain, melalui berbagai relief dan arca perunggu yang ditempatkan di sudut pandang yang strategis.

Buddavanam, yang juga dikenal sebagai Sriparvata Arama, dibangun di atas tanah seluas 274 hektar di daerah Nagarjuna Sagar di distrik Nalgonda, di tepi kiri sungai Krishna.

Dimulai pada tahun 2003, proyek ini dibiayai oleh pemerintah negara bagian dan Persatuan, dan sedang dikembangkan dengan biaya sekitar 130 milyar rupiah di bawah kepemimpinan Mallepally Laxmaiah, pejabat khusus proyek Buddhavanam.

Sejarah

Buddhavanam dipilih untuk dibangun di tempat ini karena sejarahnya yang signifikan. Bukti arkeologi yang ditemukan di sini sejak 1927 – bangunan Buddhis seperti vihara, cetiya, dan stupa – mengungkapkan bahwa tempat ini kaya akan sejarah Agama Buddha. Diketahui juga bahwa Acharya Nagarjuna, seorang cendekiawan Buddhis, menghabiskan hari-hari terakhirnya di bukit bernama Nagarjuna Konda.

Desain taman

Menurut pejabat proyek Buddhavanam, taman tersebut dibagi menjadi delapan segmen, secara simbolis mewakili Astangamarga (Jalan Utama Berunsur Delapan) yang dikemukakan oleh Sri Buddha. Segmen tersebut diberi nama Buddhacharithavanam, Taman Jataka, Dhyanavanam, Taman Stupa, Acharya Nagarjuna International Center for Higher Buddhist Learning, Taman Krishna Valley, segmen perwakilan Agama Buddha di negara bagian Telugu, dan sebuah Maha stupa.

Sementara segmen yang belum selesai dan masih dalam tahap pertimbangan adalah, Acharya Nagarjuna International Center for Higher Buddhist Learning, Taman Krishna Valley, dan segmen perwakilan Agama Buddha di negara bagian Telugu.

Maha Stupa. Foto: Twitter KTRTRS

Sampai sekarang, Maha Stupa, yang dalam desain, ukuran dan bentuk merupakan replika dari stupa Amaravati, secara harfiah tetap menjadi pusat daya tarik. Stupa tersebut dapat dengan mudah menampung ratusan orang.

Saat melangkah ke dalam struktur Maha Stupa yang berbentuk kubah, pemandangan 360 derajatnya sangat menakjubkan. Interior Mahastupa dirancang sedemikian rupa sehingga Anda merasa seperti berada di bawah langit terbuka.

Menurut para petugas Buddhavanam, untuk mendapatkan tampilan ini, lembaran aluminium dicat khusus menggunakan teknologi Jerman. Untuk pengalaman terbaik, Anda disarankan untuk masuk ke kubah dengan mata tertutup dan membukanya setelah Anda benar-benar berada di dalamnya.

Foto: Twitter KonathamDileep

Keheningan di dalam kubah menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk bermeditasi. Bagian luar kubah terlihat luar biasa saat matahari terbenam.

Bagi pecinta budaya warisan yang suka jalan-jalan pagi, Taman Jataka adalah tempat yang ideal. Berjalan melalui jalan setapak yang mirip labirin, Anda dapat melihat relief besar dari Jataka, cerita populer dari kehidupan sebelumnya Sri Buddha. Kisah-kisah ini diambil dari situs-situs Buddhis terkenal di India dan berbagai tempat lain seperti Myanmar, Borobudur di Indonesia, dan Tiongkok.

Ada 13 miniatur stupa nasional dan internasional yang dipamerkan di Buddhavanam, yang memberi Anda gambaran sekilas tentang berbagai gaya arsitektur daerah.

Ketika Buddhavanam sedang dibangun, Dalai Lama mengunjungi situs tersebut pada tahun 2006 dan menanam pohon Bodhi yang ia bawa dari Bodh Gaya, yang tetap menjadi daya tarik tersendiri dengan daunnya yang bertangkai panjang.

Proyek taman ini adalah yang pertama dari jenisnya di India dan diklaim menjadi taman bertema Buddhis terbesar di dunia.[Bhagavant, 9/4/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN