Tokoh

2 Wanita Buddhis Jadi Wanita Berpengaruh 2023

Bhagavant.com,
London, Inggris Raya – Setidaknya dua wanita Buddhis masuk dalam daftar 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari berbagai dunia pada tahun 2023. Siapa saja?

Y.M. Tenzin Palmo, India (kiri) dan Khine Hnin Wai, Myanmar (kanan). Foto: BBC

Kantor Berita asal Inggris, BBC telah mengungkapkan daftar 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari seluruh dunia untuk tahun 2023 yang dipublikasi pada November 2023 lalu.

Di antara 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari seluruh dunia tersebut setidaknya ada dua wanita Buddhis yang masuk dalam daftar tersebut. Berikut dua wanita Buddhis berpengaruh tersebut tanpa urutan.

2 Wanita Buddhis Jadi Wanita Berpengaruh 2023

Y.M. Tenzin Palmo, India

Lahir di Inggris pada tahun 1940-an, Y.M. Tenzin Palmo atau disebut Jetsunma Tenzin Palmo memeluk Agama Buddha ketika beliau masih remaja. Pada usia 20 tahun beliau melakukan perjalanan ke India dan menjadi orang Barat pertama yang ditahbiskan menjadi bhiksuni tradisi Tibet.

Untuk meningkatkan status praktisi wanita, Y.M. Tenzin Palmo mendirikan Vihara Dongyu Gatsal Arama (Ling) di Himachal Pradesh, India, yang merupakan rumah bagi lebih dari 120 viharawati.

Beliau terkenal karena menghabiskan 12 tahun tinggal di sebuah gua terpencil di Himalaya, tiga tahun di antaranya mengikuti retret meditasi yang ketat. Pada tahun 2008, beliau dianugerahi gelar langka Jetsun, yang berarti Yang Mulia, dengan penambahan akhiran “ma” sebagai akhiran feminin sehingga menjadi Jetsunma.

Khine Hnin Wai, Myanmar

Memulai kariernya sebagai aktris di Myanmar hampir 25 tahun yang lalu, Khine Hnin Wai menjadi populer karena perannya sebagai pemeran utama dalam film San Ye. Dia kemudian menjadi salah satu aktris paling sukses di sinema Myanmar.

Namun, dia sekarang lebih dikenal karena kegiatan amalnya. Pada tahun 2014, ia mendirikan Khine Hnin Wai Foundation, sebuah badan amal yang mendukung berbagai kegiatan, termasuk mengasuh anak yatim dan anak terlantar.

Melalui pekerjaannya, dia saat ini mengasuh hampir 100 anak yang orang tuanya tidak mampu menghidupi mereka karena berbagai alasan.

Hnin Wai juga berperan sebagai duta pencegahan perdagangan anak.

Kriteria 100 Wanita

Tim BBC 100 Women menyusun daftar pendek berdasarkan nama-nama yang mereka kumpulkan melalui penelitian dan nama-nama yang disarankan oleh jaringan tim Bahasa Layanan Dunia milik BBC, serta BBC Media Action.

BBC mencari kandidat yang telah menjadi berita utama atau mempengaruhi berita penting selama 12 bulan terakhir, serta mereka yang memiliki cerita inspiratif untuk diceritakan, atau telah mencapai sesuatu yang signifikan atau mempengaruhi masyarakat mereka dengan cara yang belum tentu menjadi berita.

Kriteria Wanita Buddhis

Kedua wanita tersebut di atas masuk dalam kriteria wanita Buddhis karena memiliki indikasi, data, informasi yang cukup mengenai keterkaitan dan keterlibatan mereka dalam mempraktikkan Agama Buddha dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam daftar 100 wanita inspiratif dan berpengaruh yang disampaikan BBC juga memuat sejumlah wanita yang minim atau kurang memiliki data dan informasi akan keterkaitan dan keterlibatan mereka dalam mempraktikkan Agama Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka belum bisa dimasukkan ke dalam kriteria sebagai wanita Buddhis, meskipun mereka berasal dari negara mayoritas Buddhis.

– Palyang (Bayang), Tibet
– Tranh Thi Gam (Trần Gấm), Vietnam.
– Matcha Phorn-in, Thailand.

Dengan adanya daftar dua wanita Buddhis yang berpengaruh ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi wanita-wanita Buddhis lainnya khususnya di Indonesia.[Bhagavant, 22/2/24, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Tokoh
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: