Amerika Serikat » Tokoh

Rinpoche Gelek, Keponakan Dalai Lama Ke-13 Tutup Usia

Jumat, 17 Februari 2017

Bhagavant.com,
Michigan, Amerika Serikat – Rinpoche Gelek, seorang lama atau guru spiritual Buddhis tradisi Gelug Vajrayana asal Tibet yang berpengaruh, sekaligus keponakan Dalai Lama Ke-13, tutup usia.

Rinpoche Kyabje Nyagre Khentrul Ngawang Gelek (Rinpoche Gelek) - (1939 - 2017)
Rinpoche Kyabje Nyagre Khentrul Ngawang Gelek (Rinpoche Gelek) – (1939 – 2017). Foto: alchetron.com

Rinpoche Kyabje Nyagre Khentrul Ngawang Gelek (Rinpoche Gelek) yang lahir pada 1939 di Lhasa, Tibet, dikabarkan meninggal dunia di Ann Arbor, Michigan, AS pada Rabu (15/2/2017) pukul 6 pagi waktu setempat, seperti yang dilansir The Office of Tibet Washington D.C. Rabu (15/2/2017)

Rinpoche yang juga seorang penulis dan pendiri Jewel Heart, sebuah sentra Buddhis Tibet, dipercaya sebagai tulku atau kelahiran kembali seorang lama dari Universitas Keviharaan Drepung. Ia dikenali sebagai tulku saat berusia 4 tahun.

Ia merupakan keponakan dari Dalai Lama Ke-13, Thubten Gyatso. Ia dibimbing oleh banyak guru yang juga membimbing Dalai Lama Ke-14, Tenzin Gyatso.

Di antara generasi terakhir para lama yang dididik di Vihara Drepung sebelum invasi Tiongkok ke Tibet, Rinpoche Gelek terpaksa melarikan diri ke India pada tahun 1959. Ia kemudian mengedit dan mencetak lebih dari 170 jilid manuskrip Tibet langka yang terancam hilang.

Rinpoche juga berperan dalam membentuk organisasi yang akan berbagi kebijaksanaan dari Tibet dengan dunia luar. Ia turut memainkan peran penting dalam kelangsungan Agama Buddha tradisi Tibet.

Seperti dalam biografinya di situs resmi Jewel Heart, Rinpoche adalah kepala dari Rumah Tibet (Tibet House) di Delhi, India dan pengurus radio di All India Radio. Ia telah melakukan lebih dari 1000 wawancara dalam menyusun sebuah sejarah lisan mengenai jatuhnya Tibet ke Tiongkok.

Pada tahun 1970-an Rimpoche diarahkan untuk mengajar para siswa Barat oleh para gurunya. Sejak saat itu ia mengajar para praktisi Buddhis di seluruh dunia.

Tahun 1988, Rinpoche yang menjadi warga negara AS dan tinggal di di Michigan, mendirikan Jewel Heart. Ia mengumpulkan karyanya termasuk lebih dari 32 transkrip dari ajarannya, berbagai artikel serta buku terlaris nasional “Good Life, Good Death” (Riverhead Books 2001) dan “Tara Box: Rituals for Protection and Healing from the Female Buddha” (New World Library 2004).[Bhagavant, 17/2/17, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: