Sri Lanka » Tokoh

Ketua Sangha Nikaya Amarapura Sri Lanka Wafat

Bhagavant.com,
Kolombo, Sri Lanka – Y.M. Kotugoda Dhammawasa Maha Thera, Ketua Sangha Nikaya Amarapura Sri Lanka, wafat di usia 88 tahun pada Senin (22/3/2021).

Ketua Sangha Nikaya Amarapura Sri Lanka Wafat
Y.M. Kotugoda Dhammawasa (26 Januari 1933 – 22 Maret 2021)

Y.M. Kotugoda Dhammawasa yang juga kepala Vihara Sri Dharmapalaramaya di Mount Lavinia, kesehatannya dilaporkan menurun secara bertahap sepanjang tahun lalu dan beliau menerima perawatan medis di sebuah rumah sakit swasta di Kolombo pada saat wafat.

Menurut laporan, jenazah mendiang Y.M. Dhammawasa telah dikembalikan ke Vihara Sri Dharmapalaramaya di mana para bhikkhu sejawatnya dan umat awam dapat memberikan penghormatan terakhir.

Seperti yang dilansir Daily News, Selasa (23/3/2021), upacara kremasi dijadwalkan pada Kamis (25/3/2021) pukul 16.00 sore waktu setempat di Independence Square, Kolombo. Menurut Sekretaris Distrik Kolombo Pradeep Priyankara Yasaratne, atas instruksi Presiden Sri Lanka, Departemen Agama Buddha dan Kantor Perdana Menteri, upacara tersebut akan diadakan dengan penghormatan kenegaraan secara penuh. Dan kemungkinan upacara akan dihadiri oleh tokoh agama dan politisi terkemuka dari seluruh Sri Lanka.

Biografi singkat

Y.M. Kotugoda Dhammawasa lahir pada 26 Januari 1933, di Desa Kotugoda, Minuwangoda. Beliau ditahbiskan sebagai samanera pada 17 Agustus 1948 dan menerima upasampada menjadi bhikkhu pada 10 Juli 1953.

Beliau terpilih sebagai Mahanayaka dari Nikaya Amarapura pada Mei 2017, setelah wafatnya Y.M. Agga Maha Panditha Davuldena Gnanissara Maha Thera (1915–2017). Sebelumnya beliau telah diberi gelar Aggamaha pandita (yang paling hebat dan bijak) oleh pemerintah Myanmar pada Maret 2007.

Beliau dikenal di Sri Lanka karena memberikan dhammadesana (pembabaran dhamma) melalui radio nasional selama lebih dari 50 tahun, dan karena semangat kerendahan hati serta kehidupan kebhikkhuannya. Y.M. Kotugoda Dhammawasa adalah salah satu presiden organisasi global Religions for Peace. Selain itu, beliau adalah penulis lebih dari 36 buku tentang topik yang berkaitan dengan Buddha Dhamma sejak tahun 1960-an.

Dhammadesana Y.M. Kotugoda Dhammawasa menarik pendengar dari seluruh dunia, termasuk umat di Tiongkok, Jerman, India, Jepang, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Rusia, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat.

Tentang Nikaya Amarapura

Nikaya Amarapura (Amarapura Nikāya) adalah salah satu kelompok (nikaya) sangha tradisi Theravada di Sri Lanka yang didirikan pada tahun 1800. Nama ini diambil dari nama kota Amarapura, ibu kota kuno Dinasti Konbaung di Myanmar pada saat itu.

Pada 16 Agustus 2019, Nikaya Amarapura dan Nikaya Ramanna disatukan menjadi Nikaya Amarapura – Ramanna, menjadikannya salah satu kelompok sangha terbesar di Sri Lanka, selain Nikaya Siyam.[Bhagavant, 24/3/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN