Kamboja

Buddhis Kamboja Rayakan Pchum Ben 2023

Bhagavant.com,
Phnom Penh, Kamboja – Umat Buddha di seluruh wilayah Kamboja berbondong-bondong ke vihara untuk melakukan puja bakti selama 15 hari dalam perayaan Pchum Ben yang berakhir hari ini (14/10/2023).

Buddhis Kamboja Rayakan Pchum Ben 2023
Umat melakukan mempersembahkan dana makanan kepda para bhikkhu dalam perayaan Pchum Ben di Vihara Tuol Rovieng di distrik Samrong. Foto: tangkapan layar You Tube Khmer Time

Empat belas hari pertama perayaan Pchum Ben disebut Kan Ben atau “Dak Ben”, tahun ini pada Sabtu (30/9/2023), sedangkan hari kelima belas atau terakhir (hari ini) dikenal sebagai Hari Pchum Ben atau “Ben Thom”.

Di distrik Prey Chhor, provinsi Kampong Cham, saat ini, ratusan umat Buddha telah melakukan perjalanan ke vihara terdekat untuk mempersembahkan makanan dan perbekalan kepada para bhikkhu.

Festival yang berlangsung selama 15 hari ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada leluhur hingga tujuh generasi.

Anak-anak mempersiapkan hadiah dan barang-barang lainnya untuk orang tua, kakek-nenek, dan para bhikkhu di vihara.

Chum Mom, 64 tahun, yang datang ke Vihara Chet Rainsey di Desa Kok di komune Lvea, berkata bahwa dia dengan senang hati mempersembahkan makanan kepada para bhikkhu.

“Hari ini adalah hari terakhir Pchum Ben, yang merupakan hari istimewa bagi masyarakat kita untuk pergi ke vihara,” ujarnya seperti yang dilansir Khmer Times, Sabtu (14/10/2023).

“Saya memanjatkan harapan untuk tujuh generasi nenek moyang saya,” imbuhnya.

Perayaan Pchum Ben juga tidak hanya dirayakan umat Buddha yang ada di Komboja. Diaspora Buddhis Kamboja di Korea Selatan juga merayakan hari penghormatan untuk leluhur ini.

Acara Pchum Ben di Korea Selatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Pelatihan Kejuruan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kamboja di Korea Selatan bersama dengan bantuan dari warga Kamboja.

Toy Darith, Wakil Kepala Staf Kedutaan Besar Kamboja di Korea Selatan, mengatakan bahwa warga Kamboja di Korea Selatan berkumpul untuk merayakan Kan Ben dan Pchum Bendi delapan lokasi berbeda di Korea Selatan. Hampir 7.000 warga Kamboja hadir.

“Sebagian besar rekan kami bekerja di Korea Selatan. Beberapa menghadiri perayaan Pchum Ben dan Kan Ben di dekat tempat kerja mereka, sementara yang lain mengikuti festival di vihara di Korea Selatan, ” kata Toy seperti yang dilansir Khmer Times, Jumat (13/10/2023).

Mengakhiri perayaan tersebut adalah makan siang solidaritas yang dinikmati oleh semua orang yang hadir, katanya.

Ia menambahkan, program festival tersebut menunjukkan ikatan cinta dan kerja sama antar warga Kamboja di luar negeri di Korea Selatan.

Seluruh hadirin mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan kepedulian Pemerintah Kerajaan melalui naungan Kementerian Tenaga Kerja dan Kedutaan Besar terhadap para pekerja dan warga negara yang berada di Korea Selatan.

Perayaan Pchum Ben adalah perayaan untuk melakukan penghormatan kepada leluhur yang telah meninggal dunia. Kata “pchum ben” sendiri berarti pengumpulan makanan.

Dalam perayaan ini umat Buddha melakukan puja bakti dan memberikan persembahan kepada para bhikkhu. Setelah melakukan kebajikan tersebut, mereka melimpahkan jasa yang telah mereka perbuat tersebut kepada para mendiang leluhur mereka dan berharap dapat membantu mereka.[Bhagavant, 14/10/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Kamboja
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: