Gerakan Buddhis » Indonesia » Sosial

Cabang Forum Aktivis Buddhis Bersatu Dibentuk di Sumatera Utara

Bhagavant.com,
Sumatera Utara, Indonesia – Pembentukan Forum Aktivis Buddhis Bersatu (FABB) cabang Sumatera Utara dilakukan pada Minggu (8/10/2023) yang lalu.

Cabang Forum Aktivis Buddhis Bersatu Dibentuk di Sumatera Utara
Sbr: Upa. Sultan Hendrik

Persamuan Daerah Dharmapala Nusantara yang diselenggarakan di Wisdom Hall Institut Teknologi dan Bisnis Carnegie & Carnegie School di Kota Medan, telah menyepakati dibentuknya FABB cabang Sumatera Utara.

Pembentukan cabang FABB tersebut diawali dengan pembentukan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas DPD dengan memilih Sdr. Jopi sebagai Ketua DPD Dharmapala Nusantara FABB Sumatera Utara, Sdr. Nikko sebagai Sekretaris dan Sdri. Fenny Go sebagai Bendahara.

“Dharmapala Nusantara-FABB yang merupakan satu-satunya organisasi kemasyarakatan di lingkungan umat Buddha yang dibentuk untuk mengadvokasi dan memediasi kasus-kasus yang terjadi baik untuk umat maupun organisasi Buddha di tanah air”, kata Kevin Wu selaku Ketua Umum DPP Dharmapala Nusantara.

Upa. Sultan Hendrik, selaku Ketua Panitia sekaligus anggota pimpinan sidang berharap dengan adanya DPD Dharmapala Nusantara FABB Sumut ini dapat lebih menjangkau dan membantu dalam memperjuangkan hak-hak umat Buddha di Sumatera Utara.

“Juga diharapkan dapat sebagai wadah pemersatu bersama dalam merangkul kembali para aktivis Buddhis di Sumut dalam perjuangan kebenaran sesuai Dharma, ini adalah saatnya.”, pesan Sultan Hendrik seperti yang dikutip dari rilis pers yang di terima Berita Bhagavant pada Jumat (13/10/2023).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ibu Dwiyanti, S.Ag. selaku Penyelenggara Agama Buddha Kota Medan yang mewakili Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Hasyim, S.E. selaku Ketua DPRD Kota Medan, Brilian Moktar, S.E., M.M., M.H. selaku ketua WALUBI Sumatera Utara, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B. selaku Ketua PERMABUDHI Sumatera Utara, Dr. Indra Wahidin selaku Tokoh masyarakat Buddhis.

FABB sendiri adalah perkumpulan aktivis Buddhis yang berkiprah di bidang pendidikan kader muda Buddhis dalam aspek hukum dan advokasi (pendampingan) komunitas. Ormas ini dibentuk untuk mengadvokasi dan memediasi kasus-kasus yang terjadi baik untuk umat maupun organisasi Buddhis di Indonesia.

FABB lahir dari reaksi munculnya bar yang bernama Buddha Bar di Menteng Jakarta Pusat tanggal 26 November 2008. FABB yang awalnya merupakan singkatan dari Forum Anti Buddha-Bar untuk mengawal kasus penodaan simbol Agama Buddha, kini berubah menjadi Forum Aktivis Buddhis Bersatu.[Bhagavant, 17/10/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Gerakan Buddhis,Indonesia,Sosial
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: