Arkeologi » Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seni dan Budaya

Candi Borobudur Terselimuti Abu Vulkanik

Rabu, 27 Oktober 2010

Candi Borobudur - Jawa TengahBhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia – Meletusnya Gunung Merapi pada Selasa (26/10) pukul 17.02 WIB, telah menyemburkan abu vulkanik ke daerah sekitarnya termasuk hingga ke kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Hujan abu vulkanik dan pasir sebagai dampak meletusnya Gunung Merapi, mengguyur kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya sejak semalam hingga pagi tadi.

Suasana temaram karena abu vulkanik dan pasir berwarna putih keabu-abuan menyelimuti hampir seluruh permukaan candi, terutama pada pelataran dan lantai candi serta pada stupa induk yang ada di bagian paling atas.

Abu dan pasir yang menyelimuti cukup tebal dimana di pelataran candi sekitar 50 milimeter sedangkan pada bagian candi sekitar antara 10 hingga 15 milimeter.

Tekstur abu yang meyelimuti permukaan candi juga bersifat agak kasar karena bercampur dengan pasir yang menurut warga setempat cukup deras mengguyur pada malam hingga pagi hari tadi.

Meskipun sebagian besar kawasan candi terselimuti abu dan pasir, namun pihak pengelola Candi Borobudur belum menutup kawasan ini untuk wisatawan.

Kawasan Candi Borobudur termasuk berada pada zona aman dari ancaman bencana Gunung Merapi, namun abu vuklanik Gunung Merapi yang tertiup oleh angin masih dapat singgah ke kawasan tersebut.

Situasi yang sama nampaknya juga dialami oleh Candi Mendut dan Candi Pawon yang juga terletak di sekitar kawasan Magelang.[Sum]

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: