Malaysia » Seremonial

Buddhis Malaysia Rayakan Vesak 2557

Jumat, 24 Mei 2013

Buddhisme di MalaysiaBhagavant.com,
Kuala Lumpur, Malaysia – Para umat Buddha datang sedini mungkin pada pukul 7.00 pagi ke Buddhist Maha Vihara, Kuala Lumpur, Malaysia, untuk memperingati Hari Vesak pada Jumat (24/5).

Para umat membawakan bunga, menyalakan lilin dan mempersembahkan dan kepada para bhikkhu untuk memperingati Tisuci Vesak.

Seperti yang di lansir oleh The Star, Jumat (24/5), Ng Chun Hoe, pria berusia 54 tahun, seorang relawan sahabat vihara tersebut, mengatakan bahwa semangat untuk memberi adalah sangat penting baginya karena ia sangat senang memberi makan orang yang lapar dan melihat orang-orang tersenyum.

Buddhis Malaysia melakukan Puja Bakti Vesak di Buddhist Maha Vihara in Kuala Lumpur (24/5/13). Foto: The Star Malaysia
Buddhis Malaysia melakukan Puja Bakti Vesak di Buddhist Maha Vihara in Kuala Lumpur (24/5/13). Foto: The Star Malaysia

Manajer dari sebuah perusahaan asuransi tersebut menceritakan melihat seorang anak mengambil petasan padam pada saat Tahun Baru Imlek sekitar 30 tahun yang lalu.

”Keluarga anak tersebut sangat miskin, ia tidak memiliki mainan dan tidak cukup makanan untuk dimakan, sehingga ia akhirnya bermain dengan benda yang berbahaya,” kata Ng, menambahkan bahwa kisah tersebut, sejak itu membawanya untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Buddhis Malaysia membentangkan thangka di hari Vesak 2557. Foto The Star Malaysia
Buddhis Malaysia membentangkan thangka di Hari Vesak 2557. Foto The Star Malaysia

Tenda-tenda penjual persembahan, lilin, bunga, balon, tunas lotus, makanan dan minuman serta stan perekrutan relawan didirikan di dalam dan sepanjang jalan menuju vihara yang teletak di kota Brickfields.

Di Ipoh, wilayah Perak, ratusan umat Buddha membentangkan thangka raksasa, sebuah lukisan kanvas berukuran 60 m x 12 m bergambar Buddha Sakyamuni di Enlightened Heart Buddhist Centre di Tambun. Kegiatan ini merupakan sebuah praktik tradisi Tibet dengan membentangkan thangka di kompleks vihara untuk menyerap tenaga matahari.[Bhagavant, 24/5/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: