Arkeologi » Pakistan

Pakistan Mulai Eksplorasi Situs Arkeologi Buddhis Mound Dillu Roy

Sabtu, 29 Desember 2018

Bhagavant.com,
Punjab, Pakistan – Untuk pertama kalinya Pakistan akan melakukan eksplorasi terhadap Mound Dillu Roy, sebuah situs arkeologi Buddhis di distrik Dera Ghazi (DG) Khan, Punjab.

Foto: pakistantoday.com.pk

Proyek senilai 17.323 juta Rupee Pakistan telah dilanjutkan untuk menyelesaikan bagian yang tersisa dari dinding batas sepanjang 6.400 kaki untuk melindungi situs tersebut, kata Departemen Arkeologi Multan yang bertanggung jawab Ghulam Muhammad kepada Asosiasi Pers Pakistan, seperti yang dilansir Pakistan Today, Jumat (14/12/2018).

Dinding batas tersebut telah dibangun hampir sepanjang 5.000 kaki, tambahnya.

Para pejabat departemen akan menyediakan detektor logam dan alat-alat lain yang akan digunakan oleh para arkeolog untuk memilih titik eksplorasi dan menemukan benda-benda antik serta jejak peradaban kuno.

“Situs ini terletak persis di perbatasan kabupaten Rajanpur dan DG Khan. Sebagian besar dari 480 kanal berada dalam DG Khan dan hanya tiga kanal di daerah Jampur, Rajanpur.”

Ghulam mengatakan situs itu tercatat telah dilindungi pada bulan Februari 1964. Dan sebuah penelitian yang dilakukan di situs tersebut serta benda-benda kuno yang ditemukan sejauh ini mengungkapkan situs itu sebelumnya ditempati oleh umat Buddhis pada periode Skithia-Parthia yang berasal dari abad ke-1 SM hingga abad ke-2 M.

“Situs itu terletak 2,5 mil di barat laut Jampur dan terdiri dari dua gundukan, kira-kira berjarak 100-150 kaki. Yang lebih besar berukuran 1460x800x15 kaki merupakan situs kota dan yang lebih kecil sekitar 380 kaki dari utara-selatan dan 950 kaki dari timur-barat telah diidentifikasi sebagai sisa-sisa benteng.”

“Kedua gundukan itu digali oleh para petani lokal, yang kemudian diikuti oleh penemuan rangka rumah dan jalan bersejarah. Dinding bata lumpur telah lolos dari kehancuran total, sementara beberapa dinding dengan jejak plester lumpur berdiri setinggi 12 kaki,” katanya, menambahkan bahwa di tempat-tempat tertentu, sebuah rangka ruangan yang utuh dapat ditelusuri; ukurannya bervariasi dari 5 × 5 kaki hingga 15-10 kaki.

Spesimen cerek berleher botol dengan pinggiran melengkung dan kenop berbentuk kerucut di bagian atasnya semuanya sangat mirip dengan jenis yang ditemukan dari Banbhore, Taxila dan Pitalkora (India).

Sebuah pecahan dari sebuah plakat pasir merah, yang menggambarkan seorang wanita dengan sanggul tinggi dan mengenakan anting-anting, dan sebuah pahatan dari batu kapur putih tampaknya merupakan “Boddhisattva” yang mengenakan dhoti dan memegang kamandalu, kata pejabat departemen.

Semua barang antik yang ditemukan dari Mound Dillu Roy telah ditempatkan di gudang Museum Harappa.[Bhagavant, 29/12/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: