Jepang

Soba dan Udon Instan Vegetarian ala Vihara Zen Jepang

Rabu, 8 April 2015

Bhagavant.com,
Yokohama, Jepang – Bagi yang mempraktikkan vegetarian, mungkin berpikir bahwa saat berkunjung ke Jepang akan mudah mendapatkan makanan vegetarian lantaran Jepang dikenal dengan tradisi budaya berkaitan dengan Agama Buddha-nya. Tapi kenyataannya justru sebaliknya, di sana sulit untuk menemukan makanan vegetarian untuk kehidupan sehari-hati.

Mi Instan Vegetarian
Mi Instan Vegetarian. Foto: zen-foods.jp

Meskipun masakan Jepang dikenal menyehatkan namun tidaklah bersahabat bagi para vegetarian. Bayangkan saja, untuk makanan sederhana seperti mi saja tidak ditemukan yang bebas dari daging atau ikan. Salah satu alasan utama mengapa masakan Jepang tidak bersahabat bagi vegetarian adalah berhubungan dengan letak geografis Jepang yang memproduksi banyak hasil laut.

Salah satu tempat dari sedikit tempat di Jepang yang menyediakan makanan vegetarian adalah di vihara-vihara yang menyediakan makanan yang disebut shōjin ryōri, secara harfiah berarti makanan pengabdian, merupakan makanan untuk para praktisi vegetarian yang ketat.

Prihatin terhadap kondisi ini, seperti yang dilansir Japaaan Magazine (27/3/2015), Vihara Sōji (總持寺), sebuah vihara dari tradisi Zen Soto di Yokohama, baru-baru ini memprakarsai pembuatan soba dan udon instan vegetarian yang diberi istilah dengan Zen-Foods (Makanan Zen). Soba sendiri adalah sejenis mi yang terbuat dari tepung buckwheat, sedangkan udon adalah mi dengan tepung terigu dengan bentuk lebar.

Di bawah pengawasan Vihara Sōji, Zen-Foods kedua jenis mi instan vegetarian dengan wadah gelas tersebut, benar-benar merupakan produk bebas hewani, sesuai dengan aturan shōjin ryōri.

Gahomen Soba
Gahomen Soba. Foto: zen-foods.jp
Isi Gahomen Soba, soba instan vegetarian.
Isi Gahomen Soba, soba instan vegetarian. Foto: zen-foods.jp

Produk pertama dari mi instan vegetarian tersebut diberi nama Gahomen Soba, soba dengan kaldu kecap, dan dengan bahan lain di atasnya seperti kacang kedelai, tahu goreng, jamur kuping hitam, bok choy, warabi, dan sayuran zenmai.

Gahomen Udon.
Gahomen Udon. Foto: zen-foods.jp
Isi Gahomen Udon, udon instan dengan sayuran kering sebelum diolah
Isi Gahomen Udon, udon instan dengan sayuran kering sebelum diolah. Foto: zen-foods.jp

Sedangkan produk kedua diberi nama Gahomen Udon, mi dengan kaldu sayuran yang dibumbui dengan garam, dengan bahan lainnya seperti akar teratai, kacang hijau, wortel, kentang manis, labu, dan talas.[Bhagavant, 8/4/15, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: