Jepang » Kesenian » Seni dan Budaya

Anime Fiksi “Buddha 2” Akan Perdana di Museum Louvre

Selasa, 24 Desember 2013

Bhagavant.com,
Tokyo, Jepang – Film anime (animasi Jepang) bergenre fiksi bernuansa Buddhis berjudul ”Buddha 2”, yang diadaptasi dari manga (komik Jepang) ”Buddha” karya Osamu Tezuka, akan ditayangkan perdana di salah satu museum terbesar di dunia pada menjelang akhir Januari 2014.

Situs resmi film anime ’Buddha-anime’, pada Kamis (19/12/2013) mengumumkan bahwa film anime fiksi ”Buddha 2: Owarinaki Tabi (終わりなき旅 – Saya belum menemukan apa yang saya cari)” yang merupakan bagian ke-2 dari trilogi film anime ”Buddha” yang diadaptasi dari manga ”Buddha” karya Osamu Tezuka, akan ditayangkan perdana di Museum Louvre di Paris, Perancis, pada 27 Januari 2014, dan ditayangkan di bioskop-bioskop di Jepang pada Sabtu, 8 Februari 2014.

Anime Buddha 2 - Owarinaki Tabi, tayang di bioskop-bioskop di Jepang Februari 2014. Foto: buddha-anime.com
Anime Buddha 2 – Owarinaki Tabi, tayang di bioskop-bioskop di Jepang Februari 2014. Foto: buddha-anime.com

Para pemain dan kru film anime tersebut rencananya juga akan menghadiri pemutaran perdananya tesebut.

Kenichi Matsuyama, salah satu aktor muda terbaik Jepang, terkenal secara internasional melalui film ”Death Note” berperan sebagai ”L”, dan penggemar berat manga ”Buddha” tersebut, dalam film animasi tersebut berperan sebagai Tatta, karakter fiksi dalam film.

Anime tersebut disutradarai oleh Toshiaki Komura dan Reiko Yoshida sebagai penulis naskah yang terkenal sebagai penulis naskah anime seperti Samurai X: Reflection dan K-On! Movie.

Kozo Morishita, yang merupakan sutradara pada film pertama menjadi produser eksekutif film yang sekarang ini. Michiru Oshima, seorang komposer terkemuka Jepang, berperan menulis musik untuk film anime ”Buddha” pertama dan yang kedua ini.

Anime fiksi ”Buddha 2” karya Osamu Tezuka tersebut mengisahkan mengenai perjalanan Pangeran Siddhārtha (suara di isi oleh Hidetaka Yoshioka) dari Kerajaan Shakya yang meninggalkan tahta kerajaan untuk mencari jawaban atas pertanyaan mengenai penderitaan manusia, disertai dengan drama konflik politik ketika Kerajaan Kosala bersiap diri untuk menyerang Kerajaan Shakya.

Meskipun mengambil kisah kehidupan Sang Buddha serta berlatar belakang sejarah, baik manga maupun anime fiksi ”Buddha” menampilkan kisah yang cukup berbeda dengan riwayat hidup Sang Buddha yang terdapat dalam kepustakaan Buddhis. Hal ini dapat dipahami karena manga tersebut merupakan interpretasi atau tafsiran Osamu Tezuka secara pribadi terhadap kehidupan Sang Buddha. Untuk itu anime ini tidak bisa dijadikan sebagai rujukan atau sumber utama dalam mengetahui riwayat hidup Sang Buddha.

Film anime fiksi ”Buddha” bagian pertama telah ditayangkan perdana pada tahun 28 Mei 2011.[Bhagavant, 24/12/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: