Inggris Raya

Hotel Pub di Runcorn, Inggris Beralih Fungsi Jadi Vihara

Selasa, 8 Juli 2014

Bhagavant.com,
Runcorn, Inggris – Berkembangnya Buddhisme di Inggris, ditandai dengan kemunculan beragam komunitas Buddhis dengan fasilitasnya, termasuk komunitas Buddhis di Runcorn yang pekan lalu, Sabtu (28/6/2014), meresmikan vihara barunya, Vihara Phra Singh (Wat Phra Singh).

Vihara Phra Singh Inggris Raya (Wat Phra Singh United Kingdom) di Runcorn, Inggris. Foto: Facebook Wat Phra Singh
Vihara Phra Singh Inggris Raya (Wat Phra Singh United Kingdom) di Runcorn, Inggris. Foto: Facebook Wat Phra Singh

Vihara induknya, Wat Phra Singh, terletak di dalam tembok kota kuno Chiang Mai di Thailand Utara, yang pada tahun 2011 lalu merayakan ulang tahun ke 666-nya. Dalam rangka memperingati kesempatan yang baik ini dan untuk mengenang mendiang kepala viharanya, Luang Por Nuu, yang meninggal pada tahun 2009 pada usia 96, dan sekelompok penyokong menulis surat kepada kepala vihara yang baru, Yang Mulia Phrasinghavisri Sopan Sopano, pada akhir 2011, untuk meminta izin mendirikan sebuah vihara baru di Inggris Barat Laut.

Permintaan tersebut dibahas di Komite Umum Vihara Phra Singh dan kemudian dengan Dewan Vihara Utara di Chiang Mai di mana mendapat dukungan bulat. Permintaan lanjutan dibuat untuk Yang Mulia Luang Por Rajchabhavanavimol di Vihara Buddhapadipa di Wimbledon dalam peran beliau sebagai Presiden Dewan Sangha Bhikkhu Thailand di Inggris yang juga telah menyatakan persetujuannya.

Juni 2012, Bhikkhu Phra Kru Charin dan Bhikkhu Phramaha Thirasak dari Vihara Phra Singh Thailand melakukan perjalanan ke Inggris untuk tinggal di Helsby, Cheshire hingga menemukan akomodasi vihara yang lebih cocok. Phra Kru kembali ke Vihara Phra Singh Thailand di mana ia bisa melaporkan laporan positif untuk kepala vihara bahwa terbukti benar adanya kebutuhan dan dukungan antusias untuk proyek vihara baru tersebut.

Waterloo Hotel yang beralihfingsi jadi Vihara Phra Singh Inggris Raya, di Runcorn. Foto: geolocation.ws
Waterloo Hotel yang beralihfingsi jadi Vihara Phra Singh Inggris Raya, di Runcorn. Foto: geolocation.ws

Pada September 2012 mereka menemukan Waterloo Hotel Pub di Runcorn yang tampaknya sesuai untuk memenuhi kebutuhan properti vihara mereka. Dengan bantuan para dermawan dari vihara induk dan kemurahan hati yang terus berlangsung dari banyak penyokong, akhirnya mereka dapat membeli properti tersebut pada Januari 2013 dan mengalihfungsikannya sebagai vihara.

Waterloo Hotel Pub sendiri merupakan sebuah bangunan tua yang dibangun sekitar tahun 1830. Eksterior bangunan bekas hotel yang terletak di 88 High Street, Runcorn, Halton WA7 1JH, tersebut pernah digunakan sebagai gambar latar film seri komedi situasi Two Pints of Lager and a Packet of Crisps, karya Susan Nickson, yang tayang di Inggris pada 26 Februari 2001 hingga 24 Mei 2011. Dalam film komsit tersebut Waterloo diubah namanya menjadi Archer Hotel.[Bhagavant, 8/7/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: