Eropa » Inggris Raya » Pendidikan

Perguruan Tinggi Buddhis Pertama di Inggris

Rabu, 10 November 2010

Buddhisme di Inggris RayaEvening Times,
Glasgow, Skotlandia – Sebuah inagurasi perkuliahan diploma satu tahun akan dibuka bagi para mahasiswa dimulai dari tahun akademis yang akan datang pada September 2011.

Salah satu kekuatan yang berada di balik Perguruan Tinggi tersebut adalah “bhikkhu Maryhill” Glasgow, Yang Mulia K. Sri Rewatha Thera.

Perguruan Tinggi Inggris tersebut akan mencontoh pada Universitas Buddhis dan Bahasa Pali di Sri Lanka, negara asal dari Y.M. Rewatha. Y.M. Rewatha juga merupakan anggota kelompok Buddhis di Universitas Glasgow.

Beliau mengatakan,”Perkuliahan tersebut akan memberikan pendekatan akademis bagi Buddhisme dan membuka dialog lintas keyakinan di Skotlandia. Membentuk perguruan tinggi tersebut merupakan sebuah prestasi besar dan saya senang menjadi bagian dari itu.”

Para tutor akan termasuk Y.M. Rewatha dan Dokter Kenneth Hutton dari Departemen Studi Teologi dan Keagamaan Universitas Glasgow.

Mahasiswa yang lulus dapat melanjutkan untuk mengambil program gelar tersebut.

Wakil Rektor Universitas Buddhis dan Bahasa Pali Sri Lanka, Profesor Ittademaliye Indasara Nayaka Thera berada di Glasgow untuk peresmian perguruan tinggi tersebut. Ia mengatakan,“Buddhisme tidaklah terbatas pada satu generasi, satu negara atau bahkan satu ras.”

Rektor Universitas Glasgow Pendeta Stuart MacQuarrie mengatakan,”Semua ini mengenai menilai orang dan kebudayaan yang berbeda yang mereka bawa ke kota ini.”

Kata kunci: ,
Penulis: