Kesenian » Sri Lanka

Ekshibisi Lukisan Buddha Awali Vesak 2012

Bhagavant.com,
Colombo, Sri Lanka – Mengawali Vesak tahun ini, seorang seniman serba bisa Sri Lanka, Gunasiri Kolambage, melakukan ekshibisi rangkaian karya lukisan terbarunya yang berjudul “Buddharaja” di Galeri Seni Lional Wendt, di Colombo pada 27 April 2012.

Gunasiri Kolambage dan Lukisan Buddha-nya
Gunasiri Kolambage dan Lukisan Buddha-nya

Dengan mengangkat tema sentral “Supremely Enlightened Buddha” (Buddha Yang Tercerahkan Sempurna), ekshibisi ini juga untuk merayakan Sambuddha Jayanthi / Buddha Jayanti (Pencapaian Pencerahan Sang Buddha) Ke-2600 tahun.

Gunasiri Kolambage telah memulai melukis serial terakhir Lukisan Buddha pada Januari 2011. “Serial ini unik dalam spiritual dan kualitas kreatifnya dan kemegahannya merefleksikan keagungan dari 2600 tahun Sambuddha Jayanthi,” kata Kolambage, seperti yang dikutip dari The Nation.

Kolambage merupakan seorang seniman yang inovatif dalam pendekatan diri. Ia adalah seorang pelukis dan pematung dengan akar yang kuat dalam kebudayaan Sri Lanka yang belum tergali dan meraih cakrawala baru. Obsesi, rasa, dan kepekaannya terhadap pengalaman estetika dari dunia yang berkembang selalu membawa sesuatu yang mendalam.

Lulus dari Perguruan Tinggi Seni Rupa Pemerintah, Colombo pada 1959, Kolambage segera membuat namanya sebagai seorang seniman dengan talenta yang special dengan memenangkan hampir semua kompetisi yang ia ikuti.Setelah bekerja di industry periklanan selama bertahun-tahun, sekarang ia berpraktik sebagai pelukis dan pekeramik. Dengan berusia 73 tahun, Kolambage tetap tidak berhenti belajar berbagai teknik seni yang baru.

“Saya telah berpergian ke banyak negara asing dan telah menghabiskan waktu yang bermanfaat di museum-museum dan gareli-galeri seni mempelajari karya-karya seniman klasik. Saya mencoba pengalaman baru setiap hari. Bahkan sekarang saya meluangkan watuk untuk belajar. Saya adalah seorang siswa berusia 73 tahun,” katanya menambahkan.

Ia telah mengekshibisikan karyanya di Inggris, Australia, Jepang, Rusia, Bulgaria, Republik Ceko, India dan Spanyol. Karya-karyanya dalam lukisan dan juga studio keramiknya telah memenangkan penghargaan dan pujian dari para kritikus seni di beberapa ekshibisi yang diselenggarakan olehnya di dalam maupun di luar negeri. Ia juga telah berpartisipasi dalam banyak ekshibisi di berbagai negara termasuk Bulgaria, New Delhi, Fukoka, dan Dacca, serta telah memenangkan lebih dari 20 penghargaan internasional.

Kolambage merupakan orang pertama yang mendapatkan tugas dari perusahaan Varityper dari Amerika Serikat melalui Grup Upali , sebuah grup perusahaan surat kabar untuk mendesain sebuah jenis huruf bahasa Sinhala yang sesuai tengan Varityper untuk pengaturan foto pada tahun 1981. Kemudian di tahun 1984 ia juga menerima tugas dari Letraset dari Inggris untuk mendesain sebuah jenis huruf Sinhala dan Tamil yang sesuai dengan aplikasi Letraset.

Ekshibisi Lukisan Buddharaja yang sedang berlangsung pada 27 hingga 29 April merupakan salah satu jerih payahnya yang luar biasa sekali. Ini merupakan sebuah acara untuk memberikan rasa terima kasih kepada Sang Buddha dan ajaran-Nya.

“Sebagai seniman yang berpengalaman luas, saya dapat mengatakan bahwa ekshibisi lukisan seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya tanpa keraguan apapun, “ demikian pernyataan Kolambage.

Cendekiawan terkenal dan kritikus seni terkemuka, Kalakeerthi Edwin Ariyadasa juga menghargai keunikan dari serial lukisan tersebut.[Bhagavant, 27/4/12, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN