Asia Oseania » Asia Selatan » Nepal » Seremonial

Perayaan Buddha Jayanti 2600 di Nepal

Jumat, 20 Mei 2011

Buddhisme di NepalBhagavant.com,
Rupandehi, Nepal – Perayaan Vesak 2555 B.E yang juga merupakan Buddha Jayanti Ke-2600, diperingati umat Buddha di tempat Ratu Mahāmāyā (Māyādevī) melahirkan Pangeran Siddhartha sebagai calon Buddha (Bodhisattva), yaitu di Lumbini, Nepal, pada Selasa 17 Mei.

Seperti yang dilansir oleh THT Online, pihak kepolisian memperkirakan 50.000 orang mengunjungi Vihara Mayadevi yang dibangun ditempat yang diyakini sebagai tempat Pangeran Siddhartha dilahirkan pada sekitar 2600 tahun yang lalu.

Para umat melakukan puja bakti, mempersembahkan buah dan bunga di vihara yang terletak di situs Lumbini, wilayah Rupandehi, sekitar 240 kilometer barat-daya Kathmandu, Nepal.

Pada kesempatan Vesak kali ini, pemerintah Nepal memberikan penghargaan kepada dua orang pejabat Jepang yang berkampanye menentang senjata nuklir.

Presiden Nepal, Dr. Ram Baran Yadav menghadiahkan Guatam Buddha International Peace Award (Penghargaan Perdamaian Internasional Buddha Gautama) kepada Tadatoshi Akiba dan Tomihisa Taue atas kontribusi mereka menyebarkan pesan-pesan Buddha akan perdamaian dan ketanpakekerasan di seluruh dunia. Akiba dan Taue adalah walikota dari kota Hiroshima dan Nagasaki.

Presiden Ram Baran Yadav memberikan kepada masing-masing penerima penghargaan tersebut 25.000 Dolar Amerika Serikat, surat ucapan selamat, dan sebuah medali emas.

“Kami berharap negara-negara lain tidak akan mengalami apa yang Jepang alami akibat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, dua kota besar di Jepang, pada tahun 1945,” demikian kata Akiba seperti yang dilansir situs resmi Guatam Buddha International Peace Award.

Lumbini sebagai salah satu situs Buddhis terpenting telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.[Bhagavant, 20/5/11, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: