Asia Oseania » Seremonial

Buddhis di Guam Rayakan Vesak 2557

Senin, 20 Mei 2013

selamat-vesakBhagavant.com,
Hagåtña, Guam – Komunitas Festival Kelahiran Buddha mengajak komunitas Guam Taiwan, Korea dan Thailand secara bersama-sama merayakan Vesak 2557 Era Buddhis untuk menghormati kehidupan dan ajaran Sang Buddha di Vihara Fo Guang Shan, Barrigada Heights, Guam, pada Minggu 19 Mei 2013.

Dewan Asosiasi Cahaya Buddha Internasional (Buddha’s Light International Association/BLIA) cabang Guam, memilih perayaan tersebut pada hari Minggu kemarin untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para komunitas di negara pulau teritorial Amerika Serikat di Pasifik tersebut untuk merayakan Vesak bersama. Demikian kata Linda Lin Suda, presiden asosiasi tersebut, seperti yang dilansir oleh Guampdn, Senin (20/5).

Para warga berpartisipasi dalam pemandian rupaka bayi Siddhartha saat Vesak 2557 di Vihara Fo Guang di Barrigada, Guam, Minggu (19/5). Foto: Virgilio Valencia / Untuk Pacific Daily News
Para warga berpartisipasi dalam pemandian rupaka bayi Siddhartha saat Vesak 2557 di Vihara Fo Guang di Barrigada, Guam, Minggu (19/5). Foto: Virgilio Valencia / Untuk Pacific Daily News

Kegiatan tersebut dimulai di Vihara Fo Guang Shan di Barrigada dengan mempersembahkan dana dupa, bunga, lilin dan makanan.

Dalam acara tersebut setelah persembahan, ditampilkan pertunjukkan tari tradisional yang didatangkan dari taiwan juga menyajikan tarian lokal seperti para penari Chamorro dari Inetnon Gef Pa’go.

Setelah itu, Bhiksuni Miao Du, kepala vihara tersebut memberikan ucapan terima kasih kepada semuanya atas kehadirannya di Vihara Fo Guang Shan untuk merayakan Vesak pada kesempatan tersebut dan kemudian ia memimpin pelantunan sutra dan aspirasi bagi perdamaian dunia.

Perayaan di tutup dengan membunyikan gong sebagai simbol untuk kesejahteraan dan kebahagiaan bagi semua orang di Guam dan juga diadakan kegiatan pemandian rupaka bayi Siddhartha.

Pemandian rupaka bayi Siddhartha merupakan sebuah tindakan yang menyimbolkan pembersihan dan pemurnian batin, kata Randall Workman, salah satu anggota dewan BLIA cabang Guam.

Para anggota komunitas secara bergantian memandikan rupaka tersebut yang diartikan sebagak “membersihkan masalah kita dan untuk mulai segar,” kata salah seorang pria pekerja.

Dalam sebuah upaya untuk mengungkapkan secara luas keindahan agama Buddha kepada komunitas di pulau tersebut dan juga untuk merayakan Pekan Warisan Taiwan Amerika, Linda Lin Suda mengatakan bahwa sejumlah pertunjukkan yang akan diadakan pada hari Sabtu (25/5) di Mall Micronesia.

“Kami merasa baik untuk acara hari ini dan berharap selanjutnya untuk mempromosikan keindahan Buddhisme dan kebudayaan Taiwan di acara tersebut, katanya.

Guam, merupakan sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik dan merupakan wilayah dalam kontrol pemerintah Amerika Serikat.[Bhagavant, 20/5/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: