Asia Oseania » Asia Selatan » Perdamaian » Sri Lanka

Bhikkhu Sri Lanka Belajar Bahasa Tamil

Kamis, 24 Juni 2010

Buddhisme di Sri LankaExpress India,
Colombo, Sri Lanka – Para bhikkhu Colombo di Sri Lanka berencana untuk mempelajari bahasa Tamil untuk menciptakan keharmonisan dan pemulihan yang lebih besar dari perseteruan selama beberapa dekade antara suku Sinhala dan komunitas Hindu minoritas di negara itu.

Kongres Buddhis Seluruh Ceylon (The All Ceylon Buddhist Congress, ACBC) telah mencari pendanaan dari pemerintah Sri Lanka untuk mengadakan kelas-kelas bahasa Tamil bagi para bhikkhu untuk menciptakan keharmonisan yang lebih besar di antara dua komunitas.

Untuk masalah ini, sebuah surat telah dikirimkan ke Kementerian Keagamaan dan Buddhasasana dan meminta dana sebesar SLR Rs 208,400 untuk mengadakan kelas-kelas Tamil untuk para bhikkhu.

ACBC akan meluncurkan program untuk membangun keharmonisan antara kelompok-kelompok etnis dan menyebarkan prinsip-prinsip Buddhis di antara umat Hindu yang berbicara bahasa Tamil. Hal ini juga membantu untuk mengaktifkan kembali vihara-vihara di Utara dan Timur, demikian berita harian nasional melaporkan.
Kursus pertama dibuka di Colombo pada bulan ini.

Sementara itu, sebuah delegasi para pimpinan agama dari India, dikepalai oleh Swami Dayananda Saraswathi, mengunjungi Sri Lanka dalam rangka tur dua hari untuk mempromosikan dan membina “hubungan keagamaan dan kebudayaan” antara dua negara tetangga.

Para pemimpin keagamaan India bersama dengan anggota Mahabodhi Society Sri Lanka mengambil bagian dalam simposium selama dua hari mengenai Kerjasama Antar Agama.

Dialog difokuskan pada pencarian cara untuk lebih meningkatkan rasa saling percaya antara komunitas mayoritas Sinhala dan komunitas minoritas Tamil, memperbaiki kuil-kuil Hindu di Sri Lanka, menciptakan keharmonisan dan saling pengertian antara komunitas Buddhis dan Hindu.

Mereka juga bertemu dengan Perdana Menteri Sri Lanka D.M. Jayaratne semasa tur tersebut yang berakhir pada hari Minggu.

Kata kunci: , , , ,
Penulis: