Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Pendidikan

Narada, Setitik Cahaya Bagi Pendidikan Buddhis

Pendidikan BuddhisBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Dalam rangka pemberkahan dan peresmian Dhammasala Sekolah Narada, sebagai sarana pelengkap dari sebuah sekolah yang berbasis agama Buddha, pada tanggal 12-13 Januari 2008, Sekolah Narada akan mengadakan sebuah rangkaian acara yang terbuka untuk umum.

Acara tersebut direncanakan akan dihadiri oleh Bhikkhu Sangha Theravada Indonesia dan para bhikkhu senior dari Thailand yang mewakili Y.M. Somdej Sangharaja Thailand. Dalam acara tersebut juga terdapat proses penyerahan relik Buddha oleh Y.M. Chaokun Prommunee Mahathera kepada Y.M. Sri Pannyavaro Mahathera selaku Dewan Pembina Yayasan Buddhis Theravada Indonesia (YBTI) dan Sangha Pamokkha Sangha Theravada Indonesia.

Dalam rangkaian acara peresmian Dhammasala tersebut, juga diselenggarakan perbincangan Dhamma bersama Y.M. Uttamo Mahathera dengan tema: “Menjadi Manusia Sempurna Pengetahuan dan Perilaku” yang dihadiri juga oleh Marcel dan Dewi Lestari sebagai bintang tamu.

Berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi yang berlokasi di perumahan Kosambi Baru, Jakarta Barat, dengan bangunan seluas sekitar 4.472 meter persegi, Sekolah Narada merupakan Sekolah Nasional Plus yang bertaraf international dan berbasis agama Buddha yang dapat menampung sebesar 600 pelajar.

Disebut National Plus karena Sekolah Narada mengadaptasi kurikulum Nasional, dan juga menambah kurikulum dari Cambridge, Amerika Serikat, dengan menggunakan System Active Learning yang dalam penerapannya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam menyampaikan pelajaran di sekolah dan akan ditingkatkan sampai 70% selain juga menambahkan pelajaran bahasa Mandarin.

Dengan mengusung slogan: ”Bahusacca, Sippa, Sila” (Ilmu Pengetahuan, Ketrampilan dan Moralitas), para siswa yang bersekolah di Sekolah Narada tidak hanya mendapatkan ilmu akademis, tetapi juga mendapatkan bimbingan moral sehingga kelak para siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan pandai dari segi intelektual, tetapi juga memiliki moralitas yang baik.

Sekolah yang didirikan oleh YBTI ini juga diharapkan menjadi cahaya bagi dunia pendidikan Buddhis, khususnya bagi sekolah-sekolah Buddhis yang sedang mengalami keadaan antara hidup dan mati di tengah persaingan mutu pendidikan di Indonesia yang melibatkan sekolah-sekolah lain yang juga menerapkan agama sebagai basis pendidikannya.

Untuk saat ini Sekolah Narada baru memiliki kelas bagi siswa Kelompok Bermain (playgroup), Taman Kanak-Kanak, dan Sekolah Dasar. Namun diharapkan untuk masa yang akan datang Sekolah Narada juga membuka kelas untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Informasi selanjutnya mengenai Sekolah Narada dapat diakses: di sini

Atau melalui surat atau telepon ke:

NARADA SCHOOL
Perumahan Kosambi Baru Blok A ext-1
Cengkareng, Jakarta Barat
Telp. 021 – 543 77 225 / 6

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN