Asia Tenggara » Thailand

Magha Puja 2567, Thailand Tampilkan Relikui Buddhis dari India

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Pemerintah Thailand menampilkan relikui Buddhis yang berasal dari India saat perayaan Hari Raya Magha Puja 2567 EB/2024, pada Sabtu (24/2/2024).

Magha Puja 2567, Thailand Tampilkan Relikui Buddhis dari India
Parade perayaan peneyrahan relikui Buddhis dari pemerintah India ke pemerintah Thailand, Jumat (23/2/2024). Foto: Facebook Kementerian Kebudayaan Thailand

Untuk memperingati Hari Raya Magha Puja (Thai: Makha Bucha) tahun ini, pemerintah Thailand telah menempatkan untuk sementara relikui siswa Sri Buddha yaitu Y.A. Sariputra (Pali: Sāriputta) dan Y.A. Maudgalyayana (Pali: Moggallāna), di Bangkok hingga tanggal 3 Maret 2024, sehingga umat Buddha Thailand dapat memberikan penghormatan pada hari raya Buddhis yang penting ini.

Relikui Y.A. Sariputra dan Y.A. Maudgalyayana tersebut awalnya ditemukan di stupa kuno di kota Kapilavastu dan Sanchi di India.

Kementerian Kebudayaan Thailand mengungkapkan pada hari Rabu (21/2/2024) bahwa relikui tersebut ditempatkan di vihara di Sanam Luang di distrik Phra Nakhon Bangkok sejak Jumat (23 Februari) hingga 3 Maret, dan akan dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 hingga 20.00 setiap hari.

Upacara perayaan diadakan Jumat sore dengan menampilkan parade, prosesi bunga, dan pertunjukan budaya dari artis Thailand dan India. Perdana Menteri Srettha Thavisin memimpin pembukaan dan upacara keagamaan, kata Kementerian Kebudayaan seperti yang dilansir Nation Thailand Kamis (22/2/2024).

Dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh Sangharaja Thailand, Y.M. Ariyavongsagatanana IX dan para perjabat negara terkait lainnya.

Otoritas Transportasi Massal Bangkok menyediakan bus umum gratis ke Sanam Luang mulai pukul 08.00 hingga 21.00 setiap hari dari Monumen Kemenangan, Wong Wian Yai, dan Dermaga Chang.

Sementara itu, Departemen Kelautan memberikan layanan kapal feri gratis melintasi Sungai Chao Phraya di dermaga Nonthaburi, Chang, Wat Rakhang, Wat Arun, dan Wang Lang mulai pukul 08.30 hingga 18.00 hingga 3 Maret.

Setelah tanggal 3 Maret, relikui tersebut akan diabadikan di Royal Park Rajapruek di Provinsi Chiang Mai pada tanggal 5-8 Maret, kemudian di Vihara Maha Wanaram di provinsi Ubon Ratchathani pada tanggal 10-13 Maret, dan terakhir di Vihara Maha That Wachiramongkol di Provinsi Krabi mulai tanggal 10-13 Maret. 15-18 Maret.

Hari Magha Puja memperingati empat rangkaian peristiwa yaitu 1. berkumpulnya 1.250 bhikkhu yang telah tercerahkan (arhat) yang terjadi lebih dari 2.500 tahun yang lalu, 2. para bhikkhu tersebut telah ditahbiskan secara pribadi oleh Sri Buddha, 3. mereka bertemu secara spontan tanpa penjadwalan sebelumnya, 4. peristiwa tersebut terjadi pada Bulan Purnama pertama bulan Magha (sekitar Februari akhir atau awal Maret).

Pada kesempatan tersebut Sri Buddha juga membabarkan Nasihat Menuju Pembebasan (Pali: Ovāda Pāṭimokkha; Sanskerta: Avavāda Prātimokṣa) yang isinya merupakan prinsip-prinsip ajaran para Buddha.[Bhagavant, 24/2/24, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Asia Tenggara,Thailand
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: