Amerika » Amerika Serikat

Vihara di Texas AS akan Diperluas Senilai 150 Juta Dolar AS

Bhagavant.com,
Texas, Amerika Serikat – Sebuah vihara di Fort Worth, Amerika Serikat direncanakan akan diperluas dengan biaya 150 juta dolar AS dengan stupa pertamanya direncanakan akan dibangun tahun ini.

Vihara di Texas AS akan Diperluas Senilai 150 Juta Dolar AS
Replika Stupa Kitab Suci Buddhis “Dhammacetiya” dipajang di dalam Vihara Hương Đạo. Foto: fortworthreport.org

Pengunjung dan anggota Vihara Hương Đạo (Huong Dao Vipassana Bhavana Center) , yang terletak di dekat lingkungan Stop Six, berencana untuk memiliki stupa berukuran 3 meter kali 3 meter, sebuah monumen yang terbuat dari batu, untuk menampung kitab suci Agama Buddha pada akhir tahun 2024.

Ini adalah salah satu dari ratusan monumen yang diperkirakan akan dibangun di Fort Worth melalui perluasan vihara senilai jutaan dolar, yang disebut Dhammacetiya, yang diumumkan pada Mei 2023.

Kampanye ini adalah untuk memperluas vihara seluas 14 hektar dan membangun 840 stupa besar dan kecil, dengan struktur terbesar diperkirakan menjulang setinggi 130 kaki, menurut siaran pers seperti yang dilansir Fort Worth Report, Kamis (18/1/2024).

Y.M. Tue Nhan, wakil presiden Vihara Hương Đạo, berharap perluasan vihara tersebut dapat selesai dalam 15 tahun ke depan.

Faktor terbesar yang dapat memperlambat proyek ini adalah pendanaan, yang merupakan kekhawatiran An Truong, anggota lama Vihara Hương Đạo sekaligus wali kota Kota Haltom. Wali Kota Truong membantu membangun vihara yang lama hampir tiga dekade yang lalu dan telah menjadi anggota sejak saat itu.

“Ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, namun satu-satunya kekhawatiran saya adalah keuangannya,” kata Wali Kota Truong. “Semakin banyak yang Anda lakukan, semakin banyak orang yang harus mengeluarkan uangnya, dan saat ini perekonomian sedang sangat buruk.”

Pendanaan untuk proyek ini masih berlangsung menurut Y.M. Tue Nhan yang telah melakukan perjalanan ke India, Nepal dan Myanmar untuk mempromosikan pendanaan bagi perluasan vihara tersebut.

“Kami hanya memiliki 1% dari 150 juta dolar AS. Jadi kami bekerja keras untuk mempromosikannya, dan semoga lebih banyak orang akan mendengarnya dan bergandengan tangan untuk mendukung proyek ini,” kata Y.M. Tue Nhan.

Ke depannya, vihara tersebut berencana mengadakan upacara peletakan batu pertama pada bulan Mei 2025 untuk memulai proyek tersebut dan mencoba mengumpulkan lebih banyak dana, kata Y.M. Tue Nhan.

Setelah proyek ini selesai, Y.M. Tue Nhan berharap situs tersebut akan menjadi tempat di Fort Worth di mana orang dapat belajar lebih banyak tentang Agama Buddha melalui stupa Tipiṭaka, yang akan mencakup perpustakaan kitab suci Buddhis.

“Stupa-stupa tersebut akan menampung semua ajaran Buddha, yang tersebar di seluruh dunia dan khususnya di internet, tetapi apakah ajaran tersebut benar atau tidak, sangat sulit untuk diketahui,” kata Y.M. Tue Nhan. “Dengan proyek ini, masyarakat bisa datang, melakukan penelitian, mengkaji dan mempelajarinya, serta praktik. Jadi kami berusaha agar Tipiṭaka ini dilestarikan dan seakurat mungkin untuk generasi mendatang,” katanya.

Vihara Hương Đạo telah berlokasi di Fort Worth selama lebih dari 26 tahun. Vihara ini melayani komunitas mayoritas Vietnam-Amerika yang menganut Agama Buddha. [Bhagavant, 21/1/24, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Amerika,Amerika Serikat
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: