Seremonial » Vietnam

Vietnam Akan Jadi Tuan Rumah Hari Vesak PBB 2014

Sabtu, 30 November 2013

Bhagavant.com,
Hanoi, Vietnam – Menjadi tuan rumah Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kedua kalinya, Sangha Vietnam memperkirakan akan menyambut 10.000 orang termasuk pimpinan Saṅgha (baca: sang-gha), Buddhis dari beragam tradisi, cendekiawan Buddhis, dan umat Buddha dari seluruh dunia.

Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa 2014 dengan tema “Perspektif Buddhis terhadap Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium Perserikatan Bangsa-Bangsa”, akan diadakan di Vihara Bái Đính di Provinsi Ninh Binh dari tanggal 7 hingga 8 Mei 2014. Demikian yang disampaikan dalam konferensi pers Sangha Buddhis Vietnam (Vietnam: Giáo hội Phật giáo Việt Nam – VBS) pada Minggu (24/11/2013).

Selain kegiatan seremoni spiritual, Hari Vesak PBB 2014 akan mengadakan forum dan konferensi ilmiah yang berfokus pada masalah-masalah pada saat ini di dunia seperti ”pembangunan berkelanjutan dan perubahan sosial”, ”pemanasan global dan perlindungan lingkungan”, ”membangun perdamaian dan pemulihan setelah konflik”

Acara tersebut bertujuan untuk merayakan trisuci Vesak (Waisak) secara internasional, dan mendorong kerjasama antara komunitas-komunitas dan institusi-institusi Buddhis, mengembangkan solusi Buddhis untuk krisis global dan menyebarkan Buddhisme melalui kegiatan akademis, perayaan keagamaan, dan jalan hidup. Juga bertujuan untuk mempopulerkan citra, budaya, masyarakat, dan pengembangan pariwisata ekologi Vietnam.

Kegiatan Hari Vesak PBB 2014 merupakan kedua kalinya diselenggarakan di Vietnam. Pada tahun 2008, Hari Vesak PBB diadakan di Hanoi dihadiri oleh lebih dari 600 Buddhis delegasi dari seluruh dunia.

Kegiatan tersebut diorganisi oleh Sangha Buddhis Vietnam yang bekerjasama dengan Dewan Internasional Hari Vesak (International Council for Days of Vesak – ICDV).

Sangha Vietnam Pusat mengadakan pertemuan dengan Dewan Internasional Hari Vesak pada 24 November 2013 yang lalu, untuk membahas Hari Vesak PBB 2014. Foto: huongdanphattu.vn
Sangha Vietnam Pusat mengadakan pertemuan dengan Dewan Internasional Hari Vesak pada 24 November 2013 yang lalu, untuk membahas Hari Vesak PBB 2014. Foto: huongdanphattu.vn

Y. M. Bhiksu Thich Thien Nhon, Wakil Ketua VBS pada konferensi pers tersebut menekankan bahwa Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa 2014 akan menjadi peristiwa penting yang berkontribusi pada peran Buddhisme di Vietnam dalam integrasi internasional dan untuk menegaskan posisi dan tanggung jawab Vietnam terhadap PBB.

Sebelumnya VBS pusat mengadakan pertemuan dengan Dewan Internasional Hari Vesak pada 24 November 2013 yang lalu, untuk membahas Hari Vesak PBB 2014.

Hari Vesak atau Waisak, di negara lain juga dikenal dengan nama Buddha Purnima, dirayakan oleh umat Buddha di Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Bhutan, India, dan di negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Birma, Malaysia, Indonesia dan Filipina. Kadang kala Hari Vesak disebut sebagai ”Hari Ulang Tahun Buddha”, tapi sebenarnya merupakan hari untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan parinirvana Buddha Gautama.

Hari Vesak PBB sendiri pertama kali yang dimulai pada 25 Mei 2004 di Auditorium Buddhamonthon, di Provinsi Nakhon Pathom, Thailand.[Bhagavant, 30/11/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: