Amerika » Amerika Serikat

Seorang Bhiksu Tibet di AS Hilang di Negara Bagian Washington

Bhagavant.com,
Washington, Amerika Serikat – Seorang bhiksu cendekiawan Tibet terkemuka yang tinggal di Amerika Serikat diberitakan telah menghilang selama sebelas hari lebih.

Seorang Bhiksu Tibet di AS Hilang di Negara Bagian Washington
Foto: sravastiabbey.org

Y.M. Geshe Tenzin Chodrak (Dadul Namgyal), 64, telah hilang selama lebih dari seminggu dari Vihara Sravasti, sebuah komunitas Buddhis Amerika di pedesaan timur Negara Bagian Washington.

Y.M. Geshe Tenzin, umumnya dikenal sebagai Y.M. Geshe-la, terakhir kali terlihat ketika ia berjalan-jalan pada malam hari tanggal 7 November di properti vihara seluas 121 hektar.

Setelah upaya ekstensif, Kantor Sheriff Wilayah Pend Oreille mengatakan mereka telah menghentikan pencarian darat, sementara itu para sukarelawan melanjutkan upaya mereka.

Y.M. Geshe-la telah menjadi guru pria pertama di Vihara Sravasti tersebut awal tahun ini. Beliau telah menjadi bhiksu selama lebih dari empat dekade dan dipandang sebagai pemimpin yang baik untuk membantu komunitas para bhiksu di vihara yang sedang berkembang tersebut.

Sebelum pindah ke Vihara Sravasti, Y.M. Geshe-la berafiliasi dengan Pusat Sains Kontemplatif dan Etika Berbasis Welas Asih Universitas Emory yang berbasis di Atlanta. Beliau juga melayani selama 13 tahun sebagai guru residen senior di Vihara Drepung Loseling di Atlanta. Di sana beliau membantu merumuskan kurikulum sains untuk vihara-vihara Tibet. Perpindahannya ke Vihara Sravasti dimaksudkan sebagai masa semi-pensiun bagi bhiksu tersebut.

Pencarian dimulai minggu lalu, segera setelah beliau diketahui tidak hadir dalam kegiatan puja bakti. Pihak berwenang setempat menggunakan anjing, drone, dan helikopter dalam upaya menemukannya.

Tergantung pada arah perjalanannya, beliau bisa saja sampai di salah satu dari beberapa kawasan luas yang berhutan lebat, atau dia mungkin menemukan dan mengikuti salah satu jalan penebangan kayu atau jalan pemukiman yang melintasi kawasan sekitarnya.

“Kami semua terkejut. Kami semua sangat prihatin,” kata Y.M. Thubten Chonyi, seorang bhiksuni senior di vihara tersebut seperti yang dilansir KXLY, Rabu (8/11/2023). “Beliau adalah seorang cendekiawan yang luar biasa, seorang guru yang luar biasa, dan seorang praktisi yang luar biasa.”

Membahas hilangnya Y.M. Geshe-la , Y.M. Chonyi berkata: “Kami berasumsi beliau berjalan di suatu tempat kemarin. Beliau berjalan di beberapa tempat yang tidak beliau ketahui, atau beliau berjalan di beberapa tempat, entah beliau jatuh atau apa.”

Meskipun pencarian resmi dihentikan, para sukarelawan, termasuk pelacak profesional, tetap melanjutkan upaya mereka dan membagikan kabar terbaru di media sosial.

Y.M. Thubten Chodron, pendiri Vihara Sravasti, mengatakan dalam sebuah video yang dirilis pada 11 November: “Gesha-la memiliki pengalaman bertahun-tahun mempraktikkan Dharma, dan dalam situasi seperti itu beliau akan melakukan meditasi pengambilan dan pemberian. dan beliau akan melakukan itu sepanjang malam dan hanya melakukan pengambilan dan pemberian, menerima dan memberi.”

“Jika Anda berpikir beliau sangat menderita, percayalah pada pelatihannya,” kata Y.M. Thubten Chodron menambahkannya.

Komunitas Buddha di seluruh dunia, termasuk Vihara Drepung Loseling di Atlanta dan Maitripa College di Oregon, telah terlibat dalam puja dan layanan khusus untuk Y.M. Geshe-la. Sebuah postingan yang diperbarui pada 16 November di situs Vihara Sravasti mencatat bahwa pencarian terus berlanjut.

Karena kemampuannya dalam bahasa Tibet dan Inggris, Y.M. Geshe-la telah menjadi penerjemah dan pembicara di berbagai konferensi yang mengeksplorasi hubungan antara Agama Buddha dengan sains modern, filsafat dan psikologi Barat, dan tradisi keagamaan lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemampuan bahasanya juga memungkinkannya menjadi penerjemah bahasa Inggris untuk Y.M. Dalai Lama di seluruh dunia.

Sebagai penulis terbitan dan penerjemah, penghargaan Y.M. Geshe-la mencakup terjemahan Bahasa Tibet dari buku Power of Compassion oleh Y.M. Dalai Lama, panduan bahasa, Learn English through Tibetan, dan karya kritis tentang Ceramah Emas Tsongkhapa. Ia juga menjabat sebagai Anggota Dewan di Tibet House, New York.[Bhagavant, 18/11/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Amerika,Amerika Serikat
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: