Amerika Serikat

Vihara di Montgomery, Texas Dilempar Bom Molotov

Bhagavant.com,
Texas, Amerika Serikat – Penyerangan terhadap vihara di Amerika Serikat kembali terjadi dan kali ini menimpa sebuah vihara di Wilayah Montgomery, New Caney, Texas.

Vihara di Montgomery, Texas Dilempar Bom Molotov
Area puja bakti Vihara di Pusat Meditasi Buddhis Huyen Trang di New Caney, yang sempat dilempar bom molotov. Foto: chron.com

Vihara di Pusat Meditasi Buddhis Huyen Trang di New Caney, Texas, sebelah utara Huston, dilempar bom molotov pada tanggal 5 November 2023, menurut pernyataan dari pihak berwenang setempat.

Rekaman kamera pengawasan dari vihara tersebut, yang dirilis pada hari Selasa (7/11/2023), menunjukkan seorang pria yang mengenakan topi, sarung tangan, dan ransel mendekati vihara sekitar pukul 21:45 waktu setempat.

Orang tersebut membawa satu wadah berisi bensin, menyalakan senjatanya di teras depan vihara, dan melemparkannya melalui jendela yang terbuka. Dia segera melarikan diri ketika api menyala di dekat altar puja di pusat meditasi tersebut.

Bhiksuni Nguyen, asal Vietnam yang telah mengurus vihara tersebut selama lima tahun terakhir, terbangun karena api. Dia membantu viharawan lainnya memadamkan api dan untuk sementara waktu mengosongkan vihara yang secara kesehariannya menyambut baik pengunjung Buddhis maupun non-Buddhis untuk puja bakti dan bermeditasi.

“Saya tidak bisa tidur karena takut. Saya tidak tahu mengapa dia melakukan itu,” kata Bhiksuni Nguyen mengungkapkan kekhawatirannya saat diwawancara oleh KPRC, Selasa (7/11/2023).

Bhiksuni Nguyen mengatakan kepada wartawan bahwa misinya di vihara tersebut adalah untuk membantu mendidik masyarakat tentang meditasi dan perdamaian. Dia menambahkan bahwa dia tidak marah, hanya saja dia tidak yakin mengapa seseorang melakukan ini: “Saya membantu orang. Saya tidak melakukan kesalahan apa pun.”

Saat kejadian berdasarkan CCTV, seorang bhiksu yang tinggal di vihara terbangun setelah bom molotov tersebut dilemparkan ke dalam vihara. Bhiksu tersebut berusaha memadamkan api menggunakan permadani. Kemudian datang bhiksu lainnya membawa alat pemadam api untuk memadamkan api di dalam area puja bakti. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Selanjutnya, deputi dari Kantor Sheriff Wilayah Montgomery dipanggil ke tempat kejadian, diikuti oleh kedatangan petugas pemadam kebakaran dan agen dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak (ATF), yang memulai penyelidikan pembakaran. Aparat penegak hukum belum menetapkan tersangka.

Menurut asisten petugas pemadam kebakaran di kantor Pemadam Kebakaran Montgomery County, Kevin Bates, bukti-bukti tersebut masih dalam analisis untuk menentukan hubungan antara individu tersebut dan bom molotov.

Bhiksuni Nguyen mencatat insiden kebakaran sebelumnya terjadi di sebuah rumah non permanen di kompleks vihara tersebut pada bulan November 2022. Dia mengungkapkan kekhawatiran bahwa hal itu mungkin ada hubungannya dengan kebakaran baru-baru ini.

Petugas kebakaran Kevin Bates membenarkan bahwa kantor pemadam kebakaran telah menyelidiki kebakaran di belakang vihara tahun lalu, namun penyebab kebakaran masih belum dapat ditentukan karena kurangnya bukti dan informasi. Seorang bhiksuni di vihara tersebut mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kedua kebakaran tersebut mungkin ada hubungannya dengan meningkatnya kejahatan terhadap vihara-vihara di seluruh AS baru-baru ini.

Biro Investigasi Federal membantu penyelidikan untuk menentukan apakah undang-undang federal telah dilanggar. Tersangka digambarkan sebagai laki-laki berkulit putih atau berkulit terang, dan terlihat dalam video pengawasan mengenakan topi baseball berwarna gelap, sepatu bot hitam, dan membawa ransel.[Bhagavant, 10/11/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Amerika Serikat
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: