Amerika » Amerika Serikat » Amerika Utara » Sains » Seremonial

Ian Stevenson, “Galileo Abad 20”, Tutup Usia

Prof. Dr. Ian Stevenson, M.DBhagavant.com,
Virginia, Amerika Serikat – Bagi kita yang tertarik dengan fenomena kelahiran kembali, mungkin tidak asing lagi dengan nama Prof. Dr. Ian Stevenson, M.D. Beliau adalah seorang ilmuwan yang menggunakan hampir setengah abad berkeliling dunia untuk melakukan penelitian secara teliti dan mendetail mengenai ratusan kasus anak kecil yang dapat mengingat kehidupan lampaunya (secara spontan, tanpa menggunakan cara hipnotis). Beliau merupakan penemu dari Penelitian Ilmiah pada kelahiran kembali.

Penelitian Dr. Ian Stevenson yang berkaitan dengan kelahiran kembali, dipandang sebelah mata oleh sebagian orang sebagai hal yang tidak biasa. Pada tahun 1977, dalam menanggapi hasil penelitian Dr. Ian Stevenson pada Journal of Nervous and Mental Disease, seorang psikiater bernama Harold Lief menggambarkan Dr. Ian Stevenson sebagai ”seorang penyelidik yang metodis, hati-hati bahkan sangat hati-hati yang personalitasnya menghantuinya.” Ia juga menulis: ”Ia membuat kesalahan yang sangat besar, atau ia akan dikenal sebagai Galileo abad ke-20.”

Pada tahun 1943, pria kelahiran Montreal, Canada, pada tanggal 31 Oktober 1918 ini mendapatkan gelar medisnya dari Universitas McGill di Montreal, dan lulus sebagai peringat teratas di kelasnya. Pada tahun 1957, diusia 39 tahun, Beliau menjadi ketua Departemen Psikiatri di Universitas Virginia. Dan karena pengaruh sang ibu yang merupakan seorang teosofi yang taat, yang digambarkan oleh Dr. Stevenson sebagai contoh Buddhisme bagi Orang Barat, Beliau tertarik dengan paranormal, dan merasa terpanggil setelah melakukan perjalanan ke India pada tahun 1961 yang meyakinkannya bahwa kasus anak-anak yang dapat mengingat kehidupan lampau terjadi dimana-mana dan sangat mengesankan.

Tinggi dan kurus, kebapakan dalam penampilan dan perkataan, Dr. Stevenson merupakan seorang peneliti yang tidak kenal lelah dan sering lupa untuk makan. Ia mengatalogkan lebih dari 2500 kasus-kasus luar biasa yang sama, kebanyakan di Asia dan Timur Tengah tetapi juga di Eropa, Afrika, Amerika Utara dan Selatan. Buku pertamanya berjudul: “Twenty Cases Suggestive of Reincarnation,” diterbitkan pada tahun 1966, dan karyanya yang terakhir: “European Cases of the Reincarnation Type,” pada tahun 2003.

Pada tahun 1967 Beliau menjadi direktur Division of Personality Studies, sekarang Division of Perceptual Studies, yang didanai oleh Chester Carlson, orang yang menciptakan proses Xerox.

Dr. Stevenson pensiun dari aktivitas penelitiannya pada tahun 2002, meninggalkan pekerjaannya untuk dilanjutkan oleh Dr. Bruce Greyson, M.D. Dan juga oleh Dr. Jim B. Tucker, M.D seorang psikiater anak yang melanjutkan pekerjaan Dr. Stevenson terhadap anak-anak, yang difokuskan pada kasus-kasus yang terjadi di Amerika Utara.

Dengan menyadari bahwa tujuan akhirnya agar ilmu pengetahuan ”secara serius mempertimbangkan kelahiran kembali sebagai suatu kemungkinan”, tidak dapat direalisasikan pada kehidupan sekarang, Prof. Dr. Ian Stevenson yang telah berusia 88 tahun, meninggal dunia. Beliau meninggal karena penyakit radang paru-paru, pada tanggal 8 Pebruari 2007 di komunitas pensiunan di Westminster-Canterbury of the Blue Ridge, di Charlottesville, Virginia.

Buku-buku karya Dr. Ian Stevenson antara lain:

  • Twenty Cases Suggestive of Reincarnation. 1966. (2nd rev. ed. 1980).
  • Cases of the Reincarnation Type. Vol. I. Ten Cases in India. 1975.
  • Cases of the Reincarnation Type. Vol. II: Ten Cases in Sri Lanka. 1978.
  • Cases of the Reincarnation Type. Vol.III: Twelve Cases in Lebanon and Turkey.1980.
  • Cases of the Reincarnation Type. Vol.IV: Twelve Cases in Thailand and Burma. 1983.
  • Unlearned Language: New Studies in Xenoglossy. 1984.
  • Reincarnation and Biology: A Contribution to the Etiology of Birthmarks and Birth Defects. (2 Vols). 1997.
  • Where Reincarnation and Biology Intersect. 1997. (A short and non-technical version of the scientific two-volumes work for the general reader).
  • Children Who Remember Previous Lives. A Quest of Reincarnation. 2001. (A general non-technical introduction into reincarnation-research).
  • European Cases of the Reincarnation Type. 2003.
Kata kunci: , , , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN