Amerika Serikat » Seremonial

Sekilas Perayaan Vesak 2558 EB / 2014 di Negeri Paman Sam

Sabtu, 31 Mei 2014

Bhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Perayaan peringatan Hari Tisuci Vesak atau Waisak 2558 EB / 2014 diperingati oleh Buddhis di negeri Paman Sam (Amerika Serikat) dengan berbagai kegiatan dari pemandian rupaka bayi Pangeran Siddhartha hingga retret meditasi.

Relawan Tzu Chi dari Kantor Pusat Tzu Chi Amerika Serikan adakan perayaan peringatan Hari Vesak, Hari Ibu dan Hari Tzu Chi di Cal Poly, Pomona, Minggu (11/5/2014).
Relawan Tzu Chi dari Kantor Pusat Tzu Chi Amerika Serikan adakan perayaan peringatan Hari Vesak, Hari Ibu dan Hari Tzu Chi di Cal Poly, Pomona, Minggu (11/5/2014). Foto: us.tzuchi.org

Umat Buddha dan relawan yang tergabung dalam Yayasan Tzu Chi di berbagai wilayah di Amerika Serikat, pada tanggal 10 dan 11 Mei 2014, mengundang masyarakat di wilayah mereka untuk bersama-sama merayakan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi, sebagai bentuk ekspresi tanda rasa terima kasih mereka terhadap para orang tua, guru dan semua makhluk hidup.

Anak-anak membasuh kaki ibu mereka dalam peringatan Hari Ibu, Hari Vesak dan Hari Tzu Chi di Akademi Tzu Chi New York, Sabtu (10/5/2014).
Anak-anak membasuh kaki ibu mereka dalam peringatan Hari Ibu, Hari Vesak dan Hari Tzu Chi di Akademi Tzu Chi New York, Sabtu (10/5/2014). Foto: us.tzuchi.org

Dalam perayaan di Akademi Tzu Chi di New York, pada Sabtu (10/5/2014), anak-anak membasuh kaki ibu mereka sebagai rasa syukur yang mendalam terhadap cinta tak bersyarat dan kerja keras dari ibu mereka.

Pada Perayaan Hari Vesak di Long Island, New York, relawan Tzu Chi memberikan sebuah pertunjukan bahasa isyarat yang menyentuh dan kuat dari lagu “Wujudkan Impian” (圓夢 – Yuánmèng). Melalui pertunjukan tersebut, mereka menyampaikan sumpah agung dari berlatih kasih sayang dan kesabaran untuk menyebarkan Cahaya Dharma kepada dunia, untuk Buddhisme dan untuk semua makhluk hidup. Para ibu mmenerima bunga anyelir yang terbuat dari handuk ramah lingkungan, sebagai ekspresi dari pentingnya menjaga bumi kita.

Seperti yang dilansir Tzu Chi USA, Minggu (11/5/2014), di Pomona, California, Yayasan Tzu Chi mengadakan pelayanan kesehatan gratis. Para relawan mengundang anggota masyarakat untuk sungguh-sungguh berharap untuk kemurnian batin yang welas asih, untuk masyarakat yang harmonis dan untuk dunia yang damai tanpa bencana. Dalam kesempatan tersebut hadir pula 25 anggota Sangha dari Jepang dan California Selatan untuk memimpin upacara dengan pelantunan sutra.

Para siswa dan guru dari Akademi Tzu Chi di Cleveland menampikan lagu bahasa isyarat “Domba yang Bersujud” (跪羊图 – Guì yáng tú) dalam perayaan Vesak pada Minggu (11/5/2014).

Di negara bagian Indiana, umat Buddha memperingati Hari Vesak 2558 EB / 2014 dalam sebuah rangkaian program Vesak yang diadakan oleh Vihara Buddhis Indiana, Hoagland, Indiana, pada Minggu 24 Mei 2014, yang juga dihadiri oleh lebih dari enam anggota Sangha di antaranya dari Vihara Blue Lotus, Woodstock, Illinois.

Umat Buddha di negara bagian Indiana, Amerika Serikat melakukan Parade Vesak dengan membawa rupaka bayi Pangeran Siddhartha dan bendera Buddhis.
Umat Buddha di negara bagian Indiana, Amerika Serikat melakukan Parade Vesak dengan membawa rupaka bayi Pangeran Siddhartha dan bendera Buddhis. Foto: Facebook Indiana Buddhist Temple

Rangkaian program Vesak di vihara yang berdiri atas prakarsa dan dikepalai oleh Y. M. Bhikkhu Thalangama Devananda tersebut mencakup Atthāvisi Buddha Puja, Sangika Dana, retret meditasi, pelantunan paritta, bincang dan diskusi Dhamma, dansala (makanan gratis) dan parade.

Puja bakti Vesak 2558 EB / 2014 di Vihara Buddhis Indiana, Amerika Serikat.
Puja bakti Vesak 2558 EB / 2014 di Vihara Buddhis Indiana, Amerika Serikat. Foto: Facebook Indiana Buddhist Temple

Pelaksanaan retret meditasi Vesak dipimpin oleh Y. M. Bhikkhu Santhidhammo dan ceramah Dhamma serta pembabaran Matthakundali Vatthu (kisah dalam Dhammapada Yamaka Vagga 2) oleh Y.M. Bhikkhu Matugama Mahanama.

Pada kesempatan tersebut umat Buddha dari berbagai etnis juga melakukan sebuah parade sederhana dengan membawa bendera Buddhis dan rupaka bayi Pangeran Siddhartha menuju vihara dan selanjutnya dilakukan penyiraman terhadap rupaka tersebut sebagai bagian dari tradisi Vesak.[Bhagavant, 31/5/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: