Seremonial

Sri Lanka dan Thailand Selenggarakan Hari Vesak Internasional di Markas Besar PBB

Bhagavant.com,
Jenewa, Swiss – Perutusan Tetap Sri Lanka untuk PBB di Jenewa bersama dengan Perutusan Tetap Thailand bersama-sama menyelenggarakan acara peringatan Hari Vesak Internasional 2023 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa pada Jumat (5/5/2023).

Sri Lanka dan Thailand Selenggarakan Hari Vesak Internasional di Markas Besar PBB
Foto: lankanewsweb.net

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh penyelenggaran bersama, Duta Besar Himalee Arunatilaka dari Sri Lanka dan Duta Besar Suphatra Srimaitreephithak dari Thailand, menyoroti pentingnya hari Vesak bagi jutaan umat Buddha di seluruh dunia.

Duta Besar Arunatilaka menggarisbawahi peran kunci yang dimainkan oleh Sri Lanka dalam mendapatkan pengakuan internasional untuk Hari Vesak melalui resolusi yang diadopsi melalui konsensus di Majelis Umum PBB pada bulan Februari 2000, menyusul proposal yang diajukan oleh Menteri Luar Negeri saat itu, mendiang Lakshman Kadirgamar, atas nama dari 10 negara, bertajuk “Pengakuan Internasional atas Hari Vesak” (International Recognition of the Day of Vesak).

Dia juga mengacu pada pesan Hari Waisak yang dikeluarkan oleh Presiden Ranil Wickremesinghe dan Menteri Luar Negeri Ali Sabry, dan mencatat bahwa, Empat Sifat-sifat Luhur: Metta – cinta kasih, Karuna – kasih sayang, Mudita – kegembiraan empati, dan Upekka – keseimbangan batin, yang ditegakkan dalam Filsafat Buddhis, adalah moral untuk dicita-citakan oleh semua umat manusia, dan juga selaras dengan nilai-nilai PBB, selain itu Sri Buddha diakui sebagai pemikir dan filsuf ilmiah yang ajaranNya universal dan berdiri kontemporer bahkan hingga hari ini.

Seperti yang dilansir Daily FT, Rabu (10/5/2023), Direktur Jenderal UNOG Tatiana Valovaya menyampaikan kata sambutan mengenang kontribusi yang telah dibuat agama Buddha bagi umat manusia dan relevansi ajaran Buddha untuk mengatasi tantangan global saat ini.

Pidato utama oleh Presiden Persatuan Sangha Thailand di Eropa, Yang Mulia Phravimolsasanavides disampaikan melalui perwakilannya.

Pesan Hari Vesak juga disampaikan oleh Perwakilan Tetap Bhutan, Tiongkok, India, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal dan Vietnam. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Tetap Pakistan, Lithuania, Slovenia, Hongaria, Bulgaria, Lebanon, Panama, Ukraina, Kazakhstan, dan Uganda, serta perwakilan diplomatik dari sejumlah negara antara lain Portugal, Perancis, Norwegia, Brasil, Cape Verde, Iran, Irlandia, Indonesia, Arab Saudi dan anggota komunitas Buddhis.

Acara diakhiri dengan pemberkatan yang disampaikan oleh anggota Maha Sangha yang berpartisipasi.[Bhagavant,15/5/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Seremonial
Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: