Seremonial » Tokoh » Vietnam

Ketua Sangha Nasional Vietnam Pertama Tutup Usia

Selasa, 8 April 2014
Mendiang Yang Mulia Thích Trí Tịnh, Ketua Sangha Nasional Vietnam. Foto: vi.wikipedia.org
Mendiang Yang Mulia Thích Trí Tịnh, Ketua Sangha Nasional Vietnam. Foto: vi.wikipedia.org

Bhagavant.com,
Kota HCM, Vietnam – Ketua Sangha Nasional Vietnam (Giáo hội Phật giáo Việt Nam – GHPGVN) Pertama, Yang Mulia Thich Tri Tinh (Thích Trí Tịnh), telah mangkat pada Jumat, 28 Maret 2014 yang lalu. Y. M. Thich Tri Tinh mangkat di usia 97 tahun di Vihara Van Duc, di Distrik Thu Duc, Kota Ho Chi Minh (HCM), Vietnam, pada pukul 09.15 waktu setempat.

Seperti yang dilaporkan oleh Y. M. Bhiksu Dr. Thich Nhat Tu yang di-posting dalam status Facebook Comunidad Budista Luz del Dharma de Paraguay, genta di bunyikan 108 kali di Vihara Van Duc dan para bhiksu sangha duduk dalam sikap zazen (sikap meditasi – ed).

Y. M. Thich Tri Tinh ditunjuk oleh Dewan Sangha Nasional sebagai Presiden Eksekutif sejak tahun 1992 . Di bawah kepemimpinannya, Sangha Nasional menjadi sangat berkembang di negara yang 75 persen dari 89 juta penduduknya adalah umat Buddha.

Sebagai Kepala eksekutif Buddhisme di Vietnam , beliau memiliki kewenangan hukum untuk memantau Sangha dan masyarakat di Vietnam. Beliau adalah guru bagi Master Zen Y. M. Thich Nhat Hanh sejak tahun 1940-an saat terakhir tinggal di Vihara An Quang, Saigon (sekarang dikenal sebagai kota HCM) .

Y. M. Thich Tri Tinh dilahirkan di Desa My An Hung, Distrik Chau Thanh, Provinsi Dong Thap, pada 17 Oktober 1917, merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. Beliau mulai memasuki kehidupan keviharaan pada tahun 1937 dan ditahbiskan menjadi bhiksu pada tahun 1941 serta mendirikan Pure Land Fellowship Society (Cực Lạc Liên Hữu Hội) pada tahun 1955. Pada tahun 1992, beliau dipilih menjadi Ketua Sangha Nasional Vietnam.

Upacara kemangkatan Y. M. Thich Tri Tinh dilaksanakan di Vihara Van Duc, Distrik Thu Duc, dari tanggal 29 Maret 2014 hingga 2 April 2014, dan upacara peringatan diadakan pada tanggal 3 April 2014 pada pukul 08.00 waktu setempat yang dihadiri oleh ribuan umat Buddha Vietnam.

Sangha Nasional Vietnam dan 64 sangha provinsi melaksanakan masa berkabung selama 7 hari. Selama masa ini, berbagai puja bakti peringatan dilakukan di seluruh Vietnam.

Berbagai tokoh Buddhis seperti Sangharaja Kamboja dan Dalai Lama Ke-14, melalui surat resmi kepada Sangha Nasional Vietnam menyampaikan rasa simpati mereka atas mangkatnya Y. M. Thich Tri Tinh.[Bhagavant, 8/4/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: