Amerika » Amerika Serikat » Seremonial

Buddhis Vietnam di AS Rayakan Vesak 2566 EB

Bhagavant.com,
New Jersey, Amerika Serikat – Buddhis Vietnam di Amerika Serikat merayakan Hari Suci Vesak 2566 EB pada Minggu (24/4/2022).

Buddhis Vietnam di AS Rayakan Vesak 2566 EB
Foto: TAPinto Piscataway

Para anggota dari Kongregasi Buddhis Vietnam Amerika Serikat Timur Laut melakukan perjalanan ke Sekolah Menengah Piscataway pada hari Minggu untuk merayakan Perayaan Hari Vesak (Waisak) Tahunan mereka yang keempat.

Perayaan Hari Vesak yang pertama kali diadakan di Piscataway tersebut merupakan hari terpenting bagi umat Buddha di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sri Buddha dan dirayakan setiap tahun sebagai hari raya.

“Hari Vesak seperti Hari Natal. Kami merayakan hari kelahiran Buddha,” kata Vickie yang melakukan perjalanan dari Virginia bersama keluarganya untuk memperingati dan merayakan Hari Vesak, seperti yang dilansir TAPinto.net, Kamis (28/4/2022).

Perayaan Vesak Piscataway 2022, yang menurut kalender Buddhis adalah Tahun 2566, diselenggarakan oleh Vihara Giac Nguyen yang terletak di Metlars Lane, yang merupakan vihara pertama di Piscataway.

Para keluarga dan pemimpin Buddhis etnis Vietnam yang tinggal di lima negara bagian Wilayah Timur Laut menghadiri acara tersebut.

“Lebih dari 1.000 umat Buddhis dari seluruh Timur Laut diperkirakan hadir di Sekolah Menengah Piscataway,” kata Chau Tang, penyelenggara festival. Perayaan Vesak tahun lalu diadakan di Virginia.

Perayaan dimulai di tempat parkir di depan Gedung Patton di mana para penari naga tampil saat para tamu tiba dan penyelenggara menyiapkan hiburan dan altar untuk rupaka Buddha di Pusat Seni Pertunjukan sekolah tersebut.

Dua puluh dua mobil putih dan tiga parade kendaraan hias atau mobil bunga kemudian melewati jalan-jalan Piscataway mengikuti rute yang diawali dengan meninggalkan tempat parkir di Behmer Road menuju Hoes Lane, Centennial Ave., dan Stelton Road, melewati Vihara di Metlars Lane dan jalan-jalan lain sebelum kembali ke sekolah menengah tersebut.

Foto: TAPinto Piscataway

Setiap kendaraan memiliki rupaka Bayi Bodhisattva yang dihias yang menempel di atapnya.

“Kami memilih 22 mobil khusus untuk tahun 2022, jadi kami memilih 22 mobil,” kata Huan Vu, salah satu penyelenggara perayaan.

“Mobil bunga pertama melambangkan kelahiran Sri Buddha. Mobil kedua adalah ketika tercerahkan, dan mobil bunga terakhir adalah wafatnya Sri Buddha,” kata Tang tentang tiga kendaraan hias yang menjadi bagian dari pawai.

Kemudian, para bhiksu dan bhiksuni dari wilayah tersebut memimpin sebuah puja bakti untuk memberi penghormatan kepada Sri Buddha.

Tamu kehormatan khusus yang hadir termasuk Yang Mulia Thich Tri Sel dan Yang Mulia Thich Truyen Nhu.

Senator New Jersey Bob Smith dan Walikota Piscataway Brian Wahler berbagi sambutan dan merasa terhormat atas kerja sama mereka dengan komunitas Buddhis dalam mendirikan vihara baru di Metlars Lane.

Tiga rupaka Bayi Bodhisattva ditempatkan di bak air berisi mawar di depan panggung di pusat seni pertunjukan. Para umat melakukan puja di depan rupaka tersebut dan mengguyur mereka dengan air. Beberapa umat berpose untuk foto.

Vickie menjelaskan bahwa sebagai bagian dari peringatan agama, para umat seharusnya memandikan rupaka Bodhisattva saat mereka memuja.

“Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa hanya karena kami memadati seluruh area di sini,” katanya tentang perayaan Hari Vesak. Tahun depan, Hari Raya Vesak akan diadakan di Kota Kasih Persaudaraan, Philadelphia, PA.[Bhagavant, 29/4/22, Sum]


Kategori: Amerika,Amerika Serikat,Seremonial
Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: