Travel

Vihara Mahabodhi Kembali Dibuka untuk Umum Setelah 5 Bulan Tutup

Bhagavant.com,
Bihar, India – Mahavihara Mahabodhi di Bodh Gaya, India, telah dibuka kembali untuk umum pada 27 Agustus 2021 setelah sebelumnya ditutup karena gelombang kedua pandemi COVID-19.

Vihara Mahabodhi Kembali Dibuka untuk Umum Setelah 5 Bulan Tutup
Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, Bihar, India.

Salah satu situs Buddhis paling suci bagi umat Buddha seluruh dunia, tidak luput dari penutupan selama hampir lima bulan sejak 10 April 2021 saat gelombang kedua infeksi COVID-19 mulai melanda India.

Sekretaris Komite Manajemen Vihara Bodhgaya (BTMC), Nangzey Dorjee mengatakan, “Sayangnya, kami harus menutup vihara (Mahabodhi) sejak sekitar April lalu demi keselamatan semua orang.”

“Hal baiknya adalah mulai hari ini vihara dibuka kembali pada waktu normal dari jam 5 pagi hingga 9 malam sehingga kami telah melakukan persiapan yang tepat dan dibuka kembali,” tambahnya seperti yang dilansir WIO News, Sabtu (28/8/2021).

Meskipun telah dibuka, protokol kesehatan tetap harus dijalankan bagi mereka yang mengunjungi Vihara Mahabodhi. Hanya 10 orang yang diperbolehkan pada satu waktu untuk memasuki ruangan maha suci vihara dan tidak diperbolehkan masuk ke dala kompleks vihara tanpa masker. Tidak ada kegiatan atau upacara keagamaan yang dapat diselenggarakan tanpa izin dari magistrat distrik.

“Pemerintah negara bagian telah memberikan izin untuk membuka kembali vihara dengan instruksi ketat untuk mengikuti prosedur operasi standar (untuk pandemi),” jelas Dorjee. “Kompleks vihara dibersihkan tiga kali (setiap hari) – pagi, siang, dan malam. Masker wajib bagi setiap orang yang masuk ke dalam kompleks. Jarak fisik tetap dipertahankan. Kami telah menyediakan sanitizer di titik masuk untuk semua orang. Setiap orang yang mengunjungi vihara harus menjalani pemeriksaan termal.”

Penguncian yang diberlakukan di seluruh negara bagian Bihar pada 5 Mei setelah mencatat lonjakan kasus infeksi COVID-19 secara lokal membuat vihara yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2002 tersebut ditutup.

Menurut Komite Manajemen Vihara Bodhgaya, ada total 3.400 umat dan wisatawan yang mengunjungi Mahavihara Mahabodhi pada hari pertama pembukaannya kembali.

“Rasanya sangat menyenangkan hari ini kami datang ke sini untuk pertama kalinya, pada hari pertama (Vihara Mahabodhi) dibuka kembali. Kami datang ke sini untuk berkunjung dan rasanya sangat senang,” kata seorang penduduk lokal Bodh Gaya bernama Anurag seperti dikutip Reuters.

“Vihara ditutup selama berhari-hari sehingga para umat dan wisatawan yang ingin datang tidak bisa datang. Hal yang baik sekarang dibuka kembali sehingga orang-orang akan datang ke sini untuk berkunjung dan penduduk lokal yang mencari nafkah dari sini bisa mendapatkan penghasilan yang baik.”[Bhagavant,11/9/21, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN